PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI KELAS XI SMA N 1 PANGARIBUAN T.P 2023/2024

Pakpahan, Delima (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI KELAS XI SMA N 1 PANGARIBUAN T.P 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202441009_Cover.pdf] Text
4202441009_Cover.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 4202441009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202441009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of 4202441009_Abstrak.pdf] Text
4202441009_Abstrak.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 4202441009_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202441009_Kata_Pengantar.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 4202441009_Daftar_Isi.pdf] Text
4202441009_Daftar_Isi.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 4202441009_BAB_I.pdf] Text
4202441009_BAB_I.pdf

Download (417kB)
[thumbnail of 4202441009_BAB_II.pdf] Text
4202441009_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[thumbnail of 4202441009_BAB_III.pdf] Text
4202441009_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB)
[thumbnail of 4202441009_BAB_IV.pdf] Text
4202441009_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)
[thumbnail of 4202441009_BAB_V.pdf] Text
4202441009_BAB_V.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 4202441009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202441009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (396kB)
[thumbnail of 4202441009_Lampiran.pdf] Text
4202441009_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Dan Keaktifan Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Di Kelas XI SMA N 1 Pangaribuan T.P 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan design Pretest Posttest Nonequivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas XI IPA SMA N. 1 Pangaribuan. Penentuan sampel dengan cara purposive sampling. Maka sampel penelitan ini yakni kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe NHT dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan, tes pilihan berganda dan essay untuk mengukur hasil belajar kognitif dan lembar observasi untuk mengukur keaktifan belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh nilai postest kelas eksperimen 78,97 dan kelas kontrol 56,17. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan hasil analisis uji statistik dengan menggunakan uji-t (Independent sample t-test) untuk hasil belajar dan keaktifan belajar siswa menunjukkan hasil signifikansi yang diperoleh sebesar sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar kognitif dan keaktifan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 573.3 Pak p
Keywords: Numbered head together; Sistem pencernaan; Keaktifan belajar; Hasil belajar kognitif; Pembelajaran kooperatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jul 2025 04:04
Last Modified: 31 Jul 2025 04:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64627

Actions (login required)

View Item
View Item