PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA METERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMA NEGERI 1PERCUT SEI TUAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Sihombing, Chrisyustina Tiurmaida (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA METERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMA NEGERI 1PERCUT SEI TUAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203141066_Cover.pdf] Text
4203141066_Cover.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 4203141066_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203141066_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of 4203141066_Abstrak.pdf] Text
4203141066_Abstrak.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of 4203141066_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203141066_Kata_Pengantar.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 4203141066_Daftar_Isi.pdf] Text
4203141066_Daftar_Isi.pdf

Download (544kB)
[thumbnail of 4203141066_BAB_I.pdf] Text
4203141066_BAB_I.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of 4203141066_BAB_II.pdf] Text
4203141066_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[thumbnail of 4203141066_BAB_III.pdf] Text
4203141066_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[thumbnail of 4203141066_BAB_IV.pdf] Text
4203141066_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[thumbnail of 4203141066_BAB_V.pdf] Text
4203141066_BAB_V.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 4203141066_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203141066_Daftar_Pustaka.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of 4203141066_Lampiran.pdf] Text
4203141066_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Berpikir kritis sangat penting dimiliki oleh setiap orang sehingga perlu dirangsang mulai dari masa sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan adalah metode Quasi eksperiment dan desain penelitiannya adalah Non equivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-4 SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan sebagai kelas eksperimen dan kelas X-5 MIPA 4 SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang menggunakan teknik tes tertulis berupa soal yang berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 20 soal yang berisi soal berpikir kritis. Hasil skor rata-rata untuk pretest kelas kontrol 53.08 dan kelas eksperimen 52.94. Namun, terdapat peningkatan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 80.29 dan kelas kontrol 74.41. Selanjutnya, berdasarkan hasil nilai perhitungan independent sample T-Test diperoleh skor hasil sig sebesar 0,017 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X pada materi keanekaragaman hayati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 578.7 Sih p
Keywords: Problem based learning; Berpikir kritis; Keanekaragaman hayati; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jul 2025 02:57
Last Modified: 31 Jul 2025 02:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64605

Actions (login required)

View Item
View Item