PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROPES (REVIEW, OVERVIEW, PRESENTATION, EXERCISE, SUMMARY) TERHADAPKEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII MTS AL-WARDAH DELI SERDANG

Nurlette, Rysta Vara (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROPES (REVIEW, OVERVIEW, PRESENTATION, EXERCISE, SUMMARY) TERHADAPKEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII MTS AL-WARDAH DELI SERDANG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2201111010_Cover.pdf] Text
2201111010_Cover.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 2201111010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2201111010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2201111010_Abstrak.pdf] Text
2201111010_Abstrak.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 2201111010_Kata_Pengantar.pdf] Text
2201111010_Kata_Pengantar.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 2201111010_Daftar_Isi.pdf] Text
2201111010_Daftar_Isi.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 2201111010_Daftar_Tabel.pdf] Text
2201111010_Daftar_Tabel.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 2201111010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2201111010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 2201111010_BAB_I.pdf] Text
2201111010_BAB_I.pdf

Download (320kB)
[thumbnail of 2201111010_BAB_II.pdf] Text
2201111010_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)
[thumbnail of 2201111010_BAB_III.pdf] Text
2201111010_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)
[thumbnail of 2201111010_BAB_IV.pdf] Text
2201111010_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (864kB)
[thumbnail of 2201111010_BAB_V.pdf] Text
2201111010_BAB_V.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 2201111010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2201111010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 2201111010_Lampiran.pdf] Text
2201111010_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan; (1) untuk menganalisis kemampuan menulis teks eksplanasi tanpa menggunakan model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) pada siswa kelas VIII MTS Al-Wardah Deli Serdang, (2) untuk menganalisis kemampuan menulis teks eksplanasi dengan
menggunakan model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) pada siswa kelas VIII MTS Al-Wardah Deli Serdang, (3) untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII MTS Al-Wardah Deli Serdang. Metode penelitian menggunakan only post-test control group design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTS Al-Wardah Deli Serdang yaitu 51 siswa
dengan sampel 17 siswa kelas kontrol dan 23 siswa kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah kesesuaian isi, organisasi, kosakata, penggunaan bahasa, mekanik atau tanda baca. Teknik analisis data menggunakan uji persyaratan
analisis, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian di kelas kontrol diperoleh rata-rata 62,88 dengan kategori cukup, sedangkan kelas
eksperimen diperoleh rata-rat 76,39 dengan kategori baik. Kemudian, melalui pengujian hipotesis yaitu dapat disimpulkan bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 4,98 ≥ 1,78229 sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan model ROPES terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas
VIII MTS Al-Wardah Deli Serdang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model ROPES; Kemampuan Menulis; Teks Eksplanasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 31 Jul 2025 02:48
Last Modified: 31 Jul 2025 02:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64601

Actions (login required)

View Item
View Item