PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA ELEMEN EKONOMI DAN BISNIS SMKS PAB 2 HELVETIA T.A 2023/2024

Napitupulu, Wulan Fretty (2024) PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA ELEMEN EKONOMI DAN BISNIS SMKS PAB 2 HELVETIA T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7203344003_Cover.pdf] Text
7203344003_Cover.pdf

Download (415kB)
[thumbnail of 7203344003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7203344003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203344003_Abstrak.pdf] Text
7203344003_Abstrak.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203344003_Kata_Pengantar.pdf] Text
7203344003_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203344003_Daftar_Isi.pdf] Text
7203344003_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203344003_Daftar_Tabel.pdf] Text
7203344003_Daftar_Tabel.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of 7203344003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7203344003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (519kB)
[thumbnail of 7203344003_BAB_I.pdf] Text
7203344003_BAB_I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 7203344003_BAB_II.pdf] Text
7203344003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of 7203344003_BAB_III.pdf] Text
7203344003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 7203344003_BAB_IV.pdf] Text
7203344003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 7203344003_BAB_V.pdf] Text
7203344003_BAB_V.pdf

Download (882kB)
[thumbnail of 7203344003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7203344003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203344003_Lampiran.pdf] Text
7203344003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana siswa menerima pembelajaran berdasarkan kolaborasi model pembelajaran problem based learning dengan model student teams achievement divisions. Penelitian ini bersifat eksperimen permasalahannya adalah guru belum menerapkan strategi pembelajaran yang kreatif dan aktif secara konsisten sehingga berdampak pada hasil belajar dasar-dasar MPLB siswa kelas XI MPLB. Penelitian yang dilakukan di SMK PAB 2 Helvetia ini berjumlah 33 siswa yang dipilih sebagai sampel dengan jumlah populasi siswa sebanyak 211 orang. Ujian pilihan ganda yang terdiri dari dua puluh soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, kesukaran dan uji daya beda merupakan alat yang digunakan untuk menilai tujuan belajar siswa. Rumus uji "t" digunakan dalam bentuk teknik analisis data uji hasil nilai rata-rata (mean), varians dan standart deviasi uji normalitas dan uji hipotesis. Penelitian ini hanya dilakukan di kelas. Dari hasil penelitian eksperimen ini diperoleh rata-rata yaitu 62,12 dan nilai rata-rata posttest yaitu 80,15. Temuan ini menunjukkan bahwa peningkatan mencapai 20% dan perhitungan hipotesis menunjukkan bahwa thitung sebesar -9,447 dan ttabel yaitu 1,69389. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (-9,447 < 1,69389) maka hasil pengujian tersebut hipotesis diterima. Dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima bahwa ada pengaruh signifikan dan positif hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan kolaborasi model pembelajaran problem based learning dengan model student teams achievement divisions terhadap hasil belajar elemen ekonomi dan bisnis kelas XI MPLB SMK PAB 2 Helvetia Medan T.A 2023/2024

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 29 Jul 2025 04:39
Last Modified: 29 Jul 2025 04:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64534

Actions (login required)

View Item
View Item