Simanjuntak, Shintia HR (2024) ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE DAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKANTORAN KELAS XI SMK NEGERI 7 MEDAN T.P 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7203144011_Cover.pdf
Download (291kB)
7203144011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (859kB)
7203144011_Abstrak.pdf
Download (553kB)
7203144011_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
7203144011_Daftar_Isi.pdf
Download (554kB)
7203144011_Daftar_Tabel.pdf
Download (298kB)
7203144011_Daftar_Lampiran.pdf
Download (571kB)
7203144011_BAB_I.pdf
Download (3MB)
7203144011_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
7203144011_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
7203144011_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
7203144011_BAB_V.pdf
Download (622kB)
7203144011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (891kB)
7203144011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (17MB)
Abstract
Penelitian ini mengkaji dampak dari kedua model pembelajaran tersebut terhadap hasil belajar siswa pada materi teknik mengetik 10 jari. Penelitian ini menggunakan desain independen sample t-test dan mengandalkan instrumen tes pilihan berganda yang terdiri dari 25 item untuk menguji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar siswa. Model pembelajaran TPS menunjukkan rata-rata hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan model Make a Match, menandakan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kedua kelompok tersebut. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis kuantitatif debfab uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis.
Pengolahan data menggunakan SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan Uji normalitas dan homogenitas menggunakan SPSS
versi 21 dimana disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair and Share 0,200 > 0,05 dan model pembelajaran Make A Match adalah 0,054 > 0,05 disimpulkan bahwa seluruh data untuk kedua kelas berdistribusi normal. Nilai homogenitas didapatkan 0,555 > 0,05 sehingga disimpulkan data bersifat homogen. Uji hipotesis menggunakan SPSS versi 21 didapatkan nilai sig ( 2-tailed) 0,02 < 0,05 sehingga Ho ditolak atau Ha diterima sehingga disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Think Pair and Share dengan Make A Match.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Kooperatif, Hasil Belajar Siswa |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
| Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
| Date Deposited: | 29 Jul 2025 03:30 |
| Last Modified: | 29 Jul 2025 03:30 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64517 |
