ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE DAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKANTORAN KELAS XI SMK NEGERI 7 MEDAN T.P 2023/2024

Simanjuntak, Shintia HR (2024) ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE DAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKANTORAN KELAS XI SMK NEGERI 7 MEDAN T.P 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7203144011_Cover.pdf] Text
7203144011_Cover.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of 7203144011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7203144011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (859kB)
[thumbnail of 7203144011_Abstrak.pdf] Text
7203144011_Abstrak.pdf

Download (553kB)
[thumbnail of 7203144011_Kata_Pengantar.pdf] Text
7203144011_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203144011_Daftar_Isi.pdf] Text
7203144011_Daftar_Isi.pdf

Download (554kB)
[thumbnail of 7203144011_Daftar_Tabel.pdf] Text
7203144011_Daftar_Tabel.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of 7203144011_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7203144011_Daftar_Lampiran.pdf

Download (571kB)
[thumbnail of 7203144011_BAB_I.pdf] Text
7203144011_BAB_I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 7203144011_BAB_II.pdf] Text
7203144011_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 7203144011_BAB_III.pdf] Text
7203144011_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 7203144011_BAB_IV.pdf] Text
7203144011_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 7203144011_BAB_V.pdf] Text
7203144011_BAB_V.pdf

Download (622kB)
[thumbnail of 7203144011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7203144011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (891kB)
[thumbnail of 7203144011_Lampiran.pdf] Text
7203144011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji dampak dari kedua model pembelajaran tersebut terhadap hasil belajar siswa pada materi teknik mengetik 10 jari. Penelitian ini menggunakan desain independen sample t-test dan mengandalkan instrumen tes pilihan berganda yang terdiri dari 25 item untuk menguji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar siswa. Model pembelajaran TPS menunjukkan rata-rata hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan model Make a Match, menandakan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kedua kelompok tersebut. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis kuantitatif debfab uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis.
Pengolahan data menggunakan SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan Uji normalitas dan homogenitas menggunakan SPSS
versi 21 dimana disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair and Share 0,200 > 0,05 dan model pembelajaran Make A Match adalah 0,054 > 0,05 disimpulkan bahwa seluruh data untuk kedua kelas berdistribusi normal. Nilai homogenitas didapatkan 0,555 > 0,05 sehingga disimpulkan data bersifat homogen. Uji hipotesis menggunakan SPSS versi 21 didapatkan nilai sig ( 2-tailed) 0,02 < 0,05 sehingga Ho ditolak atau Ha diterima sehingga disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Think Pair and Share dengan Make A Match.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kooperatif, Hasil Belajar Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 29 Jul 2025 03:30
Last Modified: 29 Jul 2025 03:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64517

Actions (login required)

View Item
View Item