Mutiara, Sarah (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN CASE METHOD DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR MANAJEMEN PERKANTORAN KELAS MPLB FASE E DI SMK NEGERI 1 MEDAN T.A 2023/ 2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7203344002_Cover.pdf
Download (292kB)
7203344002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (997kB)
7203344002_Abstrak.pdf
Download (827kB)
7203344002_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
7203344002_Daftar_Isi.pdf
Download (948kB)
7203344002_Daftar_Tabel.pdf
Download (327kB)
7203344002_Daftar_Gambar.pdf
Download (324kB)
7203344002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (326kB)
7203344002_BAB_I.pdf
Download (2MB)
7203344002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
7203344002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
7203344002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
7203344002_BAB_V.pdf
Download (599kB)
7203344002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
7203344002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini berfokus pada rendahnya hasil belajar dan minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran dasar-dasar manajemen perkantoran di dalam kelas. Penelitian dilaksakan di SMK Negeri 1 Medan. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh dari pembelajaran Case Method dan Minat Belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran kelas X MPLB Fase E SMK Negeri 1 Medan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling yang diambil dari empat kelas yakni X MPLB Fase E. Dari total keseluruhan siswa sebanyak 137 diambil sebanyak 67 siswa sebagai sampel penelitian. Dalam melakukan penelitian menggunakan penyebaran angket. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis kuantitatif yaitu uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis yang dilakukan kepada dua variabel yakni pembelajaran Case Method dan Minat Belajar. Hasil penelitian yang diperoleh terdapat 22 butir pernyataan valid pada variabel pembelajaran Case Method dan 21 butir pernyataan valid untuk variabel minat belajar. Melalui analisis yang dilakukan terdapat pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran terhadap hasil belajar melalui nilai yang diperoleh yakni thitung (4,218) > ttabel (1,996) dengan signifikansi (0,000<0,05). Melalui hasil olahan data menggunakan IBM SPSS 25 pada uji statistik secara parsial (Uji t) didapatkan nilai thitung (2,469) > ttabel (1,996) dengan sig<0,05 (0,012<0,05) pada taraf signifikansi α = 5%. Serta hasil uji F dengan nilai Fhitung (70,201) > Ftabel (3,316) dengan sig<0,05 yaitu 0,000<0,05. Dengan kesimpulan bahwa hipotesis penelitian diterima yakni pembelajaran Case Method serta minat belajar siswa dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X MPLB Fase E SMK Negeri 1 Medan pada mata pelajaran Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran Tahun Ajaran 2023/ 2024
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Case Method, Minat Belajar, Hasil Belajar Siswa |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
| Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
| Date Deposited: | 29 Jul 2025 03:23 |
| Last Modified: | 29 Jul 2025 03:23 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64515 |
