PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN REVISI TEMAN SEBAYA (PEEREDITING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SURAT RESMI PADA SISWA KELAS VII SMPALMUKMIN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Yamamoni Waruwu, Teguh karyadi (2024) PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN REVISI TEMAN SEBAYA (PEEREDITING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SURAT RESMI PADA SISWA KELAS VII SMPALMUKMIN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2202411008_Cover.pdf] Text
2202411008_Cover.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 2202411008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2202411008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2202411008_Kata_Pengantar.pdf] Text
2202411008_Kata_Pengantar.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 2202411008_Abstrak.pdf] Text
2202411008_Abstrak.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 2202411008_Daftar_Isi.pdf] Text
2202411008_Daftar_Isi.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 2202411008_Daftar_Tabel.pdf] Text
2202411008_Daftar_Tabel.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 2202411008_Daftar_Gambar.pdf] Text
2202411008_Daftar_Gambar.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 2202411008_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2202411008_Daftar_Lampiran.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 2202411008_BAB_I.pdf] Text
2202411008_BAB_I.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of 2202411008_BAB_II.pdf] Text
2202411008_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2202411008_BAB_III.pdf] Text
2202411008_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[thumbnail of 2202411008_BAB_IV.pdf] Text
2202411008_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2202411008_BAB_V.pdf] Text
2202411008_BAB_V.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 2202411008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2202411008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 2202411008_Lampiran.pdf] Text
2202411008_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kemampuan menulis surat resmi siswa kelas VII SMP Al Mukmin sebelum menggunakan teknik pembelajaran Revisi Teman Sebaya (Peer Editing), (2) menganalisis kemampuan menulis surat resmi siswa kelas VII SMP Al Mukmin sesudah menggunakan teknik
pembelajaran Revisi Teman Sebaya (Peer Editing), (3) Untuk menjelaskan pengaruh teknik pembelajaran Revisi Teman Sebaya (Peer Editing) terhadap kemampuan menulis resmi siswa kelas VII SMP Al Mukmin. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan desain penelitian one group pre-test posttest
design. Jumlah populasi yang digunakan dalam penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VII SMP Al Mukmin yang berjumlah sebanyak 60 orang dan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII-1 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Teknik analisis data yang peneliti gunakan dalam mendukung penelitian ini adalah kuantitatif dengan menguji persyaratan analisis, uji homogenitas, serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil ratarata keterampilan menulis surat resmi siswa sebelum menggunakan teknik pembelajaran Revisi Teman Sebaya (Peer Editing) memiliki skor sebesar 68,3 yang tergolong dalam kategori kurang baik. Untuk nilai rata-rata yang diperoleh siswa setelah menggunakan teknik pembelajaran Revisi Teman Sebaya (Peer Editing) yaitu 88,1 dan tergolong dalam kategori baik. Berdasarkan hasil uji t yang telah dilakukan pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh nilai ketentuan ttabel = 2,04 dan thitung = 12.Maka, thitung > ttabel yakni 12 > 2,04, sehingga H0 (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Beradasarkan hasil temuan, dapat disimpulkan bahwa pengajaran dengan menggunakan teknik pembelajaran Revisi Teman Sebaya (Peer Editing) berpengaruh positif ter

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Peer Editing, Menulis, Surat Resmi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 29 Jul 2025 02:25
Last Modified: 29 Jul 2025 02:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64502

Actions (login required)

View Item
View Item