Yamamoni Waruwu, Teguh karyadi (2024) PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN REVISI TEMAN SEBAYA (PEEREDITING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SURAT RESMI PADA SISWA KELAS VII SMPALMUKMIN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 2202411008_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411008_Cover.pdf
Download (199kB)
![[thumbnail of 2202411008_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 2202411008_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411008_Kata_Pengantar.pdf
Download (212kB)
![[thumbnail of 2202411008_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411008_Abstrak.pdf
Download (154kB)
![[thumbnail of 2202411008_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411008_Daftar_Isi.pdf
Download (139kB)
![[thumbnail of 2202411008_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411008_Daftar_Tabel.pdf
Download (100kB)
![[thumbnail of 2202411008_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411008_Daftar_Gambar.pdf
Download (78kB)
![[thumbnail of 2202411008_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (95kB)
![[thumbnail of 2202411008_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411008_BAB_I.pdf
Download (428kB)
![[thumbnail of 2202411008_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411008_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 2202411008_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411008_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (749kB)
![[thumbnail of 2202411008_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411008_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 2202411008_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411008_BAB_V.pdf
Download (154kB)
![[thumbnail of 2202411008_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (183kB)
![[thumbnail of 2202411008_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2202411008_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kemampuan menulis surat resmi siswa kelas VII SMP Al Mukmin sebelum menggunakan teknik pembelajaran Revisi Teman Sebaya (Peer Editing), (2) menganalisis kemampuan menulis surat resmi siswa kelas VII SMP Al Mukmin sesudah menggunakan teknik
pembelajaran Revisi Teman Sebaya (Peer Editing), (3) Untuk menjelaskan pengaruh teknik pembelajaran Revisi Teman Sebaya (Peer Editing) terhadap kemampuan menulis resmi siswa kelas VII SMP Al Mukmin. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan desain penelitian one group pre-test posttest
design. Jumlah populasi yang digunakan dalam penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VII SMP Al Mukmin yang berjumlah sebanyak 60 orang dan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII-1 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Teknik analisis data yang peneliti gunakan dalam mendukung penelitian ini adalah kuantitatif dengan menguji persyaratan analisis, uji homogenitas, serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil ratarata keterampilan menulis surat resmi siswa sebelum menggunakan teknik pembelajaran Revisi Teman Sebaya (Peer Editing) memiliki skor sebesar 68,3 yang tergolong dalam kategori kurang baik. Untuk nilai rata-rata yang diperoleh siswa setelah menggunakan teknik pembelajaran Revisi Teman Sebaya (Peer Editing) yaitu 88,1 dan tergolong dalam kategori baik. Berdasarkan hasil uji t yang telah dilakukan pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh nilai ketentuan ttabel = 2,04 dan thitung = 12.Maka, thitung > ttabel yakni 12 > 2,04, sehingga H0 (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Beradasarkan hasil temuan, dapat disimpulkan bahwa pengajaran dengan menggunakan teknik pembelajaran Revisi Teman Sebaya (Peer Editing) berpengaruh positif ter
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Peer Editing, Menulis, Surat Resmi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 02:25 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 02:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64502 |