Putri, Ridha Lasthree (2024) PENGARUH SELF REGULATED LEARNING DAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR ADMINISTRASI UMUM KELAS XI MPLB DI SMK NEGERI 7 MEDAN TA. 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
![[thumbnail of 7203344023_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344023_Cover.pdf
Download (496kB)
![[thumbnail of 7203344023_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344023_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (816kB)
![[thumbnail of 7203344023_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344023_Abstrak.pdf
Download (745kB)
![[thumbnail of 7203344023_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344023_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203344023_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344023_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203344023_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344023_Daftar_Tabel.pdf
Download (739kB)
![[thumbnail of 7203344023_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344023_Daftar_Gambar.pdf
Download (468kB)
![[thumbnail of 7203344023_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344023_Daftar_Lampiran.pdf
Download (469kB)
![[thumbnail of 7203344023_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344023_BAB_I.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 7203344023_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344023_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
![[thumbnail of 7203344023_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344023_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 7203344023_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344023_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
![[thumbnail of 7203344023_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344023_BAB_V.pdf
Download (741kB)
![[thumbnail of 7203344023_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344023_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203344023_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203344023_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (16MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Self Regulated Learning dan Kreativitas Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Umum Kelas XI MPLB di SMK Negeri 7 Medan T.A 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 7 Medan yang bertempat di Jl. STM No. 12 E, Sitirejo II, Kec. Medan Amplas, Kota Medan Sumatera Utara 20217. Jenis penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MPLB di SMK Negeri 7 Medan, tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 207 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan ukuran sampel yang digunakan sebanyak 67 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan penyebaran angket. Metode analisis data menggunakan analisis uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolonieritas dan uji heteroskedastisitas, analisis regresi meliputi analisis regresi linier berganda, uji hipotesis penelitian meliputi uji F dan uji t, dan koefisien determinasi (R2). Data yang telah dikumpulkan diolah menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel Self Regulated Learning terhadap variabel Hasil Belajar Pengantar Administrasi Umum Kelas XI MPLB di SMK Negeri 7 Medan T.A 2023/2024. Ditandai dengan diperolehnya nilai t-hitung Self Regulated Learning adalah = 4.445 lebih besar dari t-tabel = 1.997 (4.445 >1.997) dengan nilai signifikan (0, 001 < 0,05). Kreativitas belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Umum Kelas XI MPLB di SMK Negeri 7 Medan T.A 2023/2024. Ditandai dengan diperolehnya nilai t-hitung kreativitas belajar adalah = 3.700 lebih besar dari t-tabel = 1.997 (3.700 >1.997) dengan nilai signifikan (0, 001 < 0,05). Self Regulated Learning dan Kreativitas Belajar secara bersama-sama atau simultan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Pengantar Administrasi Umum Siswa Kelas XI MPLB di SMK Negeri 7 Medan dilihat dari nilai Fhitung > Ftabel 68.423> 3,14 dan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Self Regulated Learning, Kreativitas Belajar, Hasil Belajar Pengantar Administrasi Umum |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 02:02 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 02:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64500 |