PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAPKEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS FABEL KELAS VII SMP NEGERI 6 PERCUT SEI TUAN

Simorangkir, Odilia V (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAPKEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS FABEL KELAS VII SMP NEGERI 6 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2203111051_Cover.pdf] Text
2203111051_Cover.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 2203111051_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2203111051_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2203111051_Abstrak.pdf] Text
2203111051_Abstrak.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 2203111051_Kata_Pengantar.pdf] Text
2203111051_Kata_Pengantar.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 2203111051_Daftar_Isi.pdf] Text
2203111051_Daftar_Isi.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 2203111051_Daftar_Tabel.pdf] Text
2203111051_Daftar_Tabel.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 2203111051_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2203111051_Daftar_Lampiran.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 2203111051_BAB_I.pdf] Text
2203111051_BAB_I.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of 2203111051_BAB_II.pdf] Text
2203111051_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB)
[thumbnail of 2203111051_BAB_III.pdf] Text
2203111051_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (773kB)
[thumbnail of 2203111051_BAB_IV.pdf] Text
2203111051_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2203111051_BAB_V.pdf] Text
2203111051_BAB_V.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 2203111051_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2203111051_Daftar_Pustaka.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 2203111051_Lampiran.pdf] Text
2203111051_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan menceritakan kembali teks fabel di kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan. Dalam penelitian ini, model
yang digunakan yaitu metode kualitatif, metode penelitian menggunakan Quasi Eksperimen, dan desain penelitian two group posttest design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 64 orang yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas VII-5
sebagai kelompok kelas kontrol dan VII-1 sebagai kelompok kelas eksperimen, dimana masing-masing jumlah siswa sebanyak 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan tes menceritakan kembali teks fabel yang dinilai berdasarkan Ketepatan Isi Cerita, Ketepatan Logika Urutan Cerita, Kelancaran Bercerita, Ketepatan Penggunaan Kalimat, Ketepatan Makna Keseluruhan Cerita, Volume Suara, dan Ketepatan Waktu. Nilai rata-rata
kelompok kelas kontrol yaitu 72,16 dengan kategori cukup dan kelompok kelas eksperimen yaitu 83,78 dengan kategori baik. Selain itu, pada uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa hasil yang didapat normal dan homogen. Hasil analisis data pada uji hipotesis menunjukkan hasil dengan thitung 5,30 dan ttabel 1,99, dimana thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel, yaitu 5,30 > 1,99 maka dapat dinyatakan bahwa hipotesis (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa Model Pembelajaran Picture and Picture berpengaruh terhadap kemampuan menceritakan kembali teks fabel pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Teks Fabel; Keterampilan menceritakan kembali; Model pembelajaran picture and picture
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 29 Jul 2025 00:58
Last Modified: 29 Jul 2025 00:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64489

Actions (login required)

View Item
View Item