PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTUAN MEDIA MIND MAP TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Br Pardosi, Santa Rosa (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTUAN MEDIA MIND MAP TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2202411001_Cover.pdf] Text
2202411001_Cover.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 2202411001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2202411001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (530kB)
[thumbnail of 2202411001_Kata_Pengantar.pdf] Text
2202411001_Kata_Pengantar.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of 2202411001_Abstrak.pdf] Text
2202411001_Abstrak.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 2202411001_Daftar_Isi.pdf] Text
2202411001_Daftar_Isi.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 2202411001_Daftar_Tabel.pdf] Text
2202411001_Daftar_Tabel.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 2202411001_Daftar_Gambar.pdf] Text
2202411001_Daftar_Gambar.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 2202411001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2202411001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 2202411001_BAB_I.pdf] Text
2202411001_BAB_I.pdf

Download (645kB)
[thumbnail of 2202411001_BAB_II.pdf] Text
2202411001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2202411001_BAB_III.pdf] Text
2202411001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2202411001_BAB_IV.pdf] Text
2202411001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2202411001_BAB_V.pdf] Text
2202411001_BAB_V.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 2202411001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2202411001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (517kB)
[thumbnail of 2202411001_Lampiran.pdf] Text
2202411001_Lampiran.pdf

Download (4MB)

Abstract

(1) Menganalisis keterampilan menulis teks berita peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024 dengan menggunakan model project based learning tanpa berbantuan media mind map. (2) Menganalisis keterampilan menulis teks berita peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024 dengan menggunakan model project based learning berbantuan media mind. (3) Menganalisis pengaruh project based learning berbantuan media mind map terhadap keterampilan menulis teks berita peserta didik VIII SMP Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini yaitu 320 peserta didik yang tersebar pada 10 kelas. Sampel penelitian terdapat 2 kelas yaitu kelas VIII-5 dan VIII-9 sebanyak 32 peserta didik per kelas yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan desain two group post-test only design. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian mendapati nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 75 tergolong dalam kategori baik sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimeen sebesar 86 tergolong dalam kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model project based learning berbantuan media mind map berpengaruh dan meningkatkan keterampilan menulis teks berita peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Medan. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dari uji hipotesi thitung > ttabel, yaitu 4,64 > 1,69 yang membuktikan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan model pembelajaran project based learning berbantuan media mind terhadap kemampuan menulis teks berita kelas VIII SMPN 2 Medan tahun pembelajaran 2023/20204.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: model pembelajaran, project based learning, media, mind map, keterampilan menulis, teks berita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 28 Jul 2025 08:02
Last Modified: 28 Jul 2025 08:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64472

Actions (login required)

View Item
View Item