Rambe, Khoirunnisa (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X MP DI SMK SWASTA PUTRA JAYA STABAT T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7203344007_Cover.pdf
Download (462kB)
7203344007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
7203344007_Abstrak.pdf
Download (848kB)
7203344007_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
7203344007_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
7203344007_Daftar_Tabel.pdf
Download (826kB)
7203344007_Daftar_Gambar.pdf
Download (455kB)
7203344007_Daftar_Lampiran.pdf
Download (726kB)
7203344007_BAB_I.pdf
Download (3MB)
7203344007_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
7203344007_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
7203344007_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
7203344007_BAB_V.pdf
Download (732kB)
7203344007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
7203344007_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (16MB)
Abstract
Tujuan Penelitian ini guna untuk menganalisis apakah ada pengaruh antara Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Minat Belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan. Jenis penelitian yang digunakan ialah
penelitian eksperimen. Masalah dalam penelitian ini yakni minimnya hasil belajar dan minat belajar siswa kelas X MP pada mata pelajaran kearsipan. Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Putra Jaya Stabat yang berlokasi di Jl. Wonosari No.59, Sidomulyo, Kec. Stabat, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, dengan jumlah populasi dan sampel yaitu 40 siswa sebanyak 1 kelas. Instrumen yang digunakan untuk dapat mengidentifikasi hasil belajar siswa ialah tes berbentuk pilihan berganda sejumlah 30 soal yang telah di uji validitasnya menjadi 25 soal dan angket minat belajar sejumlah 24 kusioner yang telah di uji validitasnya menjadi
20 kusioner, kemudian di uji reliabilitas, tingkat kesukaran dan uji daya beda tes. Teknis analisis data yang dipakai yaitu uji normalitas, uji anava dua jalur. Dari hasil penelitian, diperoleh data normalitas dari pretest sebesar 0,966 dengan nilai signititifikansi 0,262 dan nilai posttest sebesar 0,951 dengan signitifikansi sebesar 0,081, hal ini menunjukkan bahwa kedua hasil belajar berdistribusi normal. Perhitungan hasil uji anava dua jalur menunjukkan variabel Problem Based Learning memiliki nilai sig. sebesar 0,009<0,05 dan variabel minat belajar memiliki nilai sig. sebesar 0,009<0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan perhitungan hasil data hipotesis ketiga menunjukan nilai Fhitung > Ftabel (3.577 >3,25) dan nilai sig 0,024< 0,05, artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan Problem Based Learning dan Minat belajar terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran keasipan kelas X MP di SMKS Putra Jaya Stabat. Dan pengaruh yang diberikan oleh variabel bebas terhadap variabel terikat (R2) sebesar 0,931. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak
dikaji dalam penelitian ini.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran Probelem Based Learning, Minat Belajar |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education C Auxiliary Sciences of History > CD Diplomatics. Archives. Seals > CD921 Archives |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
| Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
| Date Deposited: | 28 Jul 2025 07:08 |
| Last Modified: | 28 Jul 2025 07:08 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64460 |
