Nasution, Andini Syofina (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING POLA DALIHAN NA TOLU BERBANTUAN POWER POINT TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI VIRUS DI SMA NUSANTARA LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4224441001_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4224441001_Cover.pdf
Download (216kB)
![[thumbnail of 4224441001_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4224441001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (396kB)
![[thumbnail of 4224441001_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4224441001_Abstrak.pdf
Download (167kB)
![[thumbnail of 4224441001_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4224441001_Kata_Pengantar.pdf
Download (491kB)
![[thumbnail of 4224441001_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4224441001_Daftar_Isi.pdf
Download (165kB)
![[thumbnail of 4224441001_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4224441001_BAB_I.pdf
Download (165kB)
![[thumbnail of 4224441001_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4224441001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (421kB)
![[thumbnail of 4224441001_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4224441001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (428kB)
![[thumbnail of 4224441001_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4224441001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (330kB)
![[thumbnail of 4224441001_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4224441001_BAB_V.pdf
Download (158kB)
![[thumbnail of 4224441001_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4224441001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (232kB)
![[thumbnail of 4224441001_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4224441001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning Pola Dalihan Na Tolu berbantuan Power Point terhadap keterampilan komunikasi dan berpikir kritis peserta didik pada materi virus di kelas X SMA Nusantara Lubuk Pakam. Penelitian ini menggunakan 2 kelas sebagai sampel dengan total sampel 70 orang peserta didik. Kelas eksperimen melakukan pembelajaran dengan model Problem Based Learning Pola Dalihan Na Tolu dan kelas kontrol dengan model konvensional, keduanya menggunakan bantuan Power Point. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi keterampilan komunikasi dan tes berpikir kritis dengan soal essay. Hasil penelitian keterampilan komunikasi yang diperoleh di kelas eksperimen dengan rata-rata sebesar 81,73 dan standar deviasi ±5,88 lebih tinggi dari kelas kontrol yang memperoleh rata-rata sebesar 67,34 dengan standar deviasi sebesar ±5,52. Berdasarkan hasil hipotesis yang diuji dengan SPSS versi 15 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning Pola Dalihan Na Tolu terhadap keterampilan komunikasi peserta didik, hal tersebut dapat dilihat dari nilai sig 0,000 < 0,05 dengan � 0,05. Sedangkan dari hasil perhitungan tes berpikir kritis diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 78,9 dengan standar deviasi ±3,64 lebih tinggi dari pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata sebesar 73,5 dengan standar deviasi ±3,50. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukan bahwa model Problem Based Learning Pola Dalihan Na Tolu terhadap berpikir kritis peserta didik hal tersebut dapat dilihat dari nilai sig 0,000 < 0,05 dengan � 0,05. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran PBL DNT berbantuan Power Point terhadap keterampilan komunikasi dan berpikir kritis peserta didik kelas X pada materi virus di SMA Nusantara Lubuk Pakam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 579.2 Nas p |
Keywords: | Problem based learning; Dalihan na tolu; Keterampilan komunikasi; Berpikir kritis; Virus; Power point |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QR Microbiology > QR355 Virology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 03:07 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 03:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64454 |