PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA JENIS PERALATAN PENGELOLAAN DOKUMEN KELAS X MPLB DI SMK SWASTA BUDI AGUNG T.A 2023/2024

Hutahaean, Irma Oktavia (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA JENIS PERALATAN PENGELOLAAN DOKUMEN KELAS X MPLB DI SMK SWASTA BUDI AGUNG T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7203144012_Cover.pdf] Text
7203144012_Cover.pdf

Download (522kB)
[thumbnail of 7203144012_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7203144012_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 7203144012_Abstrak.pdf] Text
7203144012_Abstrak.pdf

Download (762kB)
[thumbnail of 7203144012_Kata_Pengantar.pdf] Text
7203144012_Kata_Pengantar.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 7203144012_Daftar_Isi.pdf] Text
7203144012_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203144012_Daftar_Tabel.pdf] Text
7203144012_Daftar_Tabel.pdf

Download (490kB)
[thumbnail of 7203144012_Daftar_Gambar.pdf] Text
7203144012_Daftar_Gambar.pdf

Download (490kB)
[thumbnail of 7203144012_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7203144012_Daftar_Lampiran.pdf

Download (488kB)
[thumbnail of 7203144012_BAB_I.pdf] Text
7203144012_BAB_I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 7203144012_BAB_II.pdf] Text
7203144012_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of 7203144012_BAB_III.pdf] Text
7203144012_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 7203144012_BAB_IV.pdf] Text
7203144012_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 7203144012_BAB_V.pdf] Text
7203144012_BAB_V.pdf

Download (858kB)
[thumbnail of 7203144012_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7203144012_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203144012_Lampiran.pdf] Text
7203144012_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah kurang optimalnya hasil belajar pada Capaian Pembelajaran Jenis Peralatan Pengelolaan Dokumen Kelas X MPLB SMK Swasta Budi Agung Medan. Tujuan dari Penelitian ini ialah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan Media Canva lebih tinggi dari Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan Power Point. Populasi pada penelitian ini ialah siswa kelas X MPLB 1, X MPLB 2 dan X MPLB 3 SMK Swasta Budi Agung Medan sedangkan sampel pada Penelitian ini ialah 56 siswa yang terdiri dari 2 kelas mengunakan Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan beberapa uji yaitu uji Instrumen Test Berupa Uji Validitas Tes, Uji Reliabilitas tes, Uji Tingkat Kesukaran dan Uji Daya Pembeda Tes. Setelah dilakukan Uji Instrument Test digunakan Uji prasyarat analisis berupa Uji Normalitas dan Uji Homogenitas. Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar post tes kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan Media Pembelajaran Canva 91,43 dan kelas kontrol dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Power Point 83,08 dimana didapatkan kesimpulan pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan media pembelajaran Canva lebih Tinggi dibanding dengan model Probelem Based learning dengan menggunakan Power Point terhadap hasil belajar pada capaian pembelajaran Jenis Peralatan Pengelolaan Dokumen Kelas X MPLB SMK Swasta Budi Agung Medan T.A 2023/2024

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Problem Based Learning dengan Media Canva, dan Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5520 Office equipment and supplies
L Education > L Education (General) > L111 Official documents, reports, etc.
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 28 Jul 2025 04:33
Last Modified: 28 Jul 2025 04:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64447

Actions (login required)

View Item
View Item