PENGARUH METODE SHOW NOT TELL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024

Kartika, Linda Ayu (2024) PENGARUH METODE SHOW NOT TELL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2203311021_Cover.pdf] Text
2203311021_Cover.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 2203311021_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2203311021_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2203311021_Abstrak.pdf] Text
2203311021_Abstrak.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 2203311021_Kata_Pengantar.pdf] Text
2203311021_Kata_Pengantar.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 2203311021_Daftar_Isi.pdf] Text
2203311021_Daftar_Isi.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 2203311021_Daftar_Tabel.pdf] Text
2203311021_Daftar_Tabel.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 2203311021_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2203311021_Daftar_Lampiran.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 2203311021_BAB_I.pdf] Text
2203311021_BAB_I.pdf

Download (383kB)
[thumbnail of 2203311021_BAB_II.pdf] Text
2203311021_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB)
[thumbnail of 2203311021_BAB_III.pdf] Text
2203311021_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (820kB)
[thumbnail of 2203311021_BAB_IV.pdf] Text
2203311021_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (953kB)
[thumbnail of 2203311021_BAB_V.pdf] Text
2203311021_BAB_V.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 2203311021_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2203311021_Daftar_Pustaka.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 2203311021_Lampiran.pdf] Text
2203311021_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran show not tell terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Medan. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 108 siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen
dengan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian desain penelitian posttest only control design. Hasil pengolahan data menunjukkan 1) kemampuan menulis teks eksposisi siswa menggunakan metode pembelajaran konensional diperoleh
nilai rata-rata sebesar 60,4 kategori cukup. 2) kemampuan menulis teks eksposisi siswa menggunakan metode show not tell diperoleh nilai rata-rata sebesar 81,4 kategori baik. Pada pengujian hipotesis uji t sebesar nilai thitung sebesar 25,37 dan ttabel dengan taraf signifikan α=0,05 dan n = 25 yaitu 0,408. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa thitung >ttabel dan hipotesis altenatif (ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan metode
show not tell terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode Show Not Tell; Menulis; Teks Eksposisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 28 Jul 2025 04:10
Last Modified: 28 Jul 2025 04:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64440

Actions (login required)

View Item
View Item