Br Siagian, Nani Irma Pratiwi (2024) PENGEMBANGAN MATERI AJAR MENULIS TEKS CERPEN BERBASIS PENGALAMAN BERBANTUAN GOOGLE SITES SISWA KELAS XI SMA NEGERI 18 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
2203111032_Cover.pdf
Download (204kB)
2203111032_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
2203111032_Kata_Pengantar.pdf
Download (190kB)
2203111032_Abstrak.pdf
Download (209kB)
2203111032_Daftar_Isi.pdf
Download (203kB)
2203111032_Daftar_Tabel.pdf
Download (83kB)
2203111032_Daftar_Gambar.pdf
Download (138kB)
2203111032_Daftar_Lampiran.pdf
Download (83kB)
2203111032_BAB_I.pdf
Download (430kB)
2203111032_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2203111032_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (483kB)
2203111032_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
2203111032_BAB_V.pdf
Download (178kB)
2203111032_Daftar_Pustaka.pdf
Download (184kB)
2203111032_Lampiran.pdf
Download (4MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan materi ajar teks menulis cerpen berbasis pengalaman berbantuan google sites siswa kelas XI, untuk mengetahui bentuk materi ajar menulis teks cerpen berbasis pengalaman berbantuan google sites siswa kelas XI dan untuk mengetahui kelayakan produk yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan prosedur Borg and Gall dengan tahapan potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, dan revisi produk. Bentuk dari materi ajar yang dihasilkan berupa website yang dapat digunakan siapa saja yang memiliki pranala (link). Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan dari penelitian “Pengembangan Materi ajar Menulis Teks Cerpen Berbasis Pengalaman Berbantuan Google Sites Siswa Kelas XI SMA Negeri 18 Medan” termasuk dalam kategori “Sangat sesuai”. Hal ini didasarkan kepada hasil validasi dan ahli
materi yang dilakukan sebanyak dua kali dengan nilai sebesar 87% dengan kategori “Sangat sesuai”, validasi ahli media sebanyak sekali dengan nilai sebesar 91% dengan kategori “Sangat sesuai” dan penilaian guru bidang studi sebanyak
sekali dengan nilai sebesar 91% dengan kategori “Sangat sesuai”. Dengan demikian, produk dikatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengembangan Materi Ajar, Menulis Teks Cerpen Berbasis Pengalaman, Google Sites. |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 28 Jul 2025 04:06 |
| Last Modified: | 28 Jul 2025 04:06 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64437 |
