PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMK YAPIM MARELAN

Fadia, Leni (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMK YAPIM MARELAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2203111064_Cover.pdf] Text
2203111064_Cover.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 2203111064_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2203111064_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (782kB)
[thumbnail of 2203111064_Abstrak.pdf] Text
2203111064_Abstrak.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of 2203111064_Kata_Pengantar.pdf] Text
2203111064_Kata_Pengantar.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 2203111064_Daftar_Isi.pdf] Text
2203111064_Daftar_Isi.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 2203111064_Daftar_Tabel.pdf] Text
2203111064_Daftar_Tabel.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 2203111064_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2203111064_Daftar_Lampiran.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 2203111064_BAB_I.pdf] Text
2203111064_BAB_I.pdf

Download (582kB)
[thumbnail of 2203111064_BAB_II.pdf] Text
2203111064_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)
[thumbnail of 2203111064_BAB_III.pdf] Text
2203111064_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)
[thumbnail of 2203111064_BAB_IV.pdf] Text
2203111064_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2203111064_BAB_V.pdf] Text
2203111064_BAB_V.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 2203111064_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2203111064_Daftar_Pustaka.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 2203111064_Lampiran.pdf] Text
2203111064_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scramble berbantuan media wordwall terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMK YAPIM Marelan. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas
XI SMK yang berjumlah 143 siswa. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI TKJ 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TKJ 1 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian posttest only
control design. Hasil pengolahan data menunjukkan 1) kemampuan menulis teks eksplanasi siswa menggunakan model pembelajaran konensional diperoleh nilai rata-rata sebesar 69,8 kategori cukup. 2) kemampuan menulis teks eksplanasi siswa menggunakan model pembelajaran scramble berbantuan media wordwall
diperoleh nilai rata-rata sebesar 82,1 kategori baik. Pada pengujian hipotesis uji t diperoleh nilai thitung sebesar 4,92 dan t tabel dengan taraf signifikan α=0,05 dan n=30 yaitu 1,69. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel dan
hipotesis alternatif (ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran scramble berbantuan media wordwall terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI
SMK YAPIM Marelan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Scramble; Menulis; Teks Eksplanasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 28 Jul 2025 04:02
Last Modified: 28 Jul 2025 04:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64436

Actions (login required)

View Item
View Item