Rizka, Wina Aulia (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH KISARAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 7203141028_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141028_Cover.pdf
Download (5MB)
![[thumbnail of 7203141028_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141028_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (515kB)
![[thumbnail of 7203141028_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141028_Abstrak.pdf
Download (5MB)
![[thumbnail of 7203141028_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141028_Kata_Pengantar.pdf
Download (10MB)
![[thumbnail of 7203141028_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141028_Daftar_Isi.pdf
Download (276kB)
![[thumbnail of 7203141028_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141028_Daftar_Tabel.pdf
Download (10MB)
![[thumbnail of 7203141028_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141028_Daftar_Gambar.pdf
Download (10MB)
![[thumbnail of 7203141028_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141028_Daftar_Lampiran.pdf
Download (10MB)
![[thumbnail of 7203141028_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141028_BAB_I.pdf
Download (5MB)
![[thumbnail of 7203141028_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141028_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
![[thumbnail of 7203141028_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141028_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![[thumbnail of 7203141028_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141028_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![[thumbnail of 7203141028_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141028_BAB_V.pdf
Download (5MB)
![[thumbnail of 7203141028_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141028_Daftar_Pustaka.pdf
Download (10MB)
![[thumbnail of 7203141028_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141028_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar Ekonomi yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning dan kemampuan berpikir kreatif lebih tinggi dibandingkan hasil belajar Ekonomi yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Kisaran T.P 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah Kisaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Muhammdiyah kisaran yang berjumlah 105 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa soal essay sebanyak 5 soal. Sebelum tes ini diberikan pada sampel sesungguhnya, maka tes ini di uji cobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t. Dari hasil analisis data kelas eksperimen nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu, 58,17 dan 81.05. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu, 57,93 dan 68,66. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh ttabel 1.669 < thitung 27.575 dengan nilai sig. 0.001 < 0.005. Melalui kriteria pengujian, hipotesis diterima. Dapat disimpulkan hasil belajar Ekonomi dan kemampuan berpikir kreatif yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar Ekonomi dan kemampuan berpikir kreatif yang diajarkan dengan Metode Pembelajaran Konvensional pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Kisaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning, Model Pembelajaran Konvensional, Kemampuan Berpikir Kreatif, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 09:31 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 09:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64421 |