Marbun, Sonia Hapsari (2024) PENGARUH MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MELALUI SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI STAMBUK 2021 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
7203141022_Cover.pdf
Download (93kB)
7203141022_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (433kB)
7203141022_Abstrak.pdf
Download (102kB)
7203141022_Kata_Pengantar.pdf
Download (258kB)
7203141022_Daftar_Isi.pdf
Download (104kB)
7203141022_Daftar_Tabel.pdf
Download (105kB)
7203141022_Daftar_Gambar.pdf
Download (71kB)
7203141022_Daftar_Lampiran.pdf
Download (140kB)
7203141022_BAB_I.pdf
Download (543kB)
7203141022_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
7203141022_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (688kB)
7203141022_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
7203141022_BAB_V.pdf
Download (151kB)
7203141022_Daftar_Pustaka.pdf
Download (221kB)
7203141022_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Melalui Self Efficacy Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2021 Universitas Negeri Medan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan ekonomi stambuk 2021 yang berjumlah 78 orang. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 78 orang mahasiswa yang diambil berdasarkan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan angket. Kemudian uji asumsi klasik dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linier untuk hipotesis 1,2,3,4 dan 5, analisis jalur dan uji sobel untuk hipotesis 6 dan 7 melalui progrm SPSS.22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung antara mata kuliah kewirausahaan terhadap self efficacy mahasiswa dengan thitung (4,632) > ttabel (1,992) dan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh langsung antara lingkungan keluarga terhadap self efficacy mahasiswa dengan thitung (3,795) > ttabel (1,992) dan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh langsung mata kuliah kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa dengan thitung > (2,376) ttabel (1,992) dan nilai sig. sebesar 0,02 < 0,05. (4) Terdapat pengaruh langsung lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha mahasiswa dengan thitung (5,455) > ttabel (1,922) dan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05. (5) Terdapat pengaruh langsung self efficacy terhadap minat berwirausaha mahasiswa dengan thitung (6,032) > ttabel (1,922) dan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05. (6) Self efficacy mampu memediasi pengaruh mata kuliah kewirausahaan terhadap minat berwirausaha dengan nilai sobel test statistic sebesar 3,597 > 1,96 (taraf 5%) dan nilai one-tailed probability 0,000 < 0,05. (7) Self efficacy mampu memediasi pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha mahasiswa dengan nilai sobel test statistic sebesar 3,244 > 1,96 (taraf 5%) dan nilai one tailed probability 0,000 < 0,05.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Mata Kuliah Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Self Efficacy, Minat Berwirausaha |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 25 Jul 2025 08:32 |
| Last Modified: | 25 Jul 2025 08:32 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64411 |
