Nababan, Devita (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KEJURUAN DI SMK NEGERI 1 MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
![[thumbnail of 7203144017_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144017_Cover.pdf
Download (296kB)
![[thumbnail of 7203144017_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144017_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203144017_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144017_Abstrak.pdf
Download (283kB)
![[thumbnail of 7203144017_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144017_Kata_Pengantar.pdf
Download (924kB)
![[thumbnail of 7203144017_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144017_Daftar_Isi.pdf
Download (914kB)
![[thumbnail of 7203144017_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144017_Daftar_Tabel.pdf
Download (300kB)
![[thumbnail of 7203144017_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144017_Daftar_Gambar.pdf
Download (296kB)
![[thumbnail of 7203144017_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144017_Daftar_Lampiran.pdf
Download (298kB)
![[thumbnail of 7203144017_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144017_BAB_I.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 7203144017_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144017_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
![[thumbnail of 7203144017_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144017_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 7203144017_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144017_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 7203144017_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144017_BAB_V.pdf
Download (554kB)
![[thumbnail of 7203144017_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144017_Daftar_Pustaka.pdf
Download (675kB)
![[thumbnail of 7203144017_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144017_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (15MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share dan Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa kelas X MPLB pada mata pelajaran dasar-dasar kejuruan elemen informasi dan komunikasi organisasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan yang terdiri dari 2 kelas X MPLB sebanyak 71 siswa dari total jumlah populasi sebanyak 142 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran tes dan uji data pembeda tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan pengujian hipotesis. Hasil analisis data ditemukan nilai rata-rata pre-test dan post-test dengan model pembelajaran Think Pair Share = 53,00 dan 81,71 dan hasil nilai rata-rata pre-test dan post-test dengan model pembelajaran Snowball Throwing = 54.72 dan 77.92. Berdasarkan hasil uji hipotesis hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share mengalami peningkatan sebesar 35.14% sedangkan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing mengalami peningkatan sebesar 29.77%. Untuk kelas eksperimen I yakni menggunakan model pembelajaran Think Pair Share pada hasil Uji t diperoleh hasil nilai thitung sebesar 16,28 dengan pengambilan keputusan lebih rendah dari 0,05 pada df 35.00 diperoleh ttabel 1.68 maka thitung > ttabel (16.28 >1.68) . maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan setelah menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Selanjutnya untuk kelas eksperimen II yaitu kelas yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing pada Uji t diperoleh hasil nilai thitung sebesar 17.60 dengan pengambilan keputusan lebih rendah dari 0,05 dan df 34.00 diperoleh ttabel 1.69 maka thitung > ttabel (17.60 >1.69) sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan setelah menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Think Pair Share, Model Pembelajaran Snowball Throwing, Hasil Belajar Dasar-Dasar Kejuruan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 08:24 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 08:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64407 |