Nurhasanah, Ayu (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WORDWALL DAN SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MANAJEMEN PERKANTORAN PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI UMUM DI SMK SWASTA PUTRA JAYA STABAT T.A. 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
![[thumbnail of 7202144001_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202144001_Cover.pdf
Download (317kB)
![[thumbnail of 7202144001_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202144001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202144001_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202144001_Abstrak.pdf
Download (639kB)
![[thumbnail of 7202144001_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202144001_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202144001_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202144001_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202144001_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202144001_Daftar_Tabel.pdf
Download (339kB)
![[thumbnail of 7202144001_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202144001_Daftar_Gambar.pdf
Download (301kB)
![[thumbnail of 7202144001_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202144001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (303kB)
![[thumbnail of 7202144001_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202144001_BAB_I.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 7202144001_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202144001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
![[thumbnail of 7202144001_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202144001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 7202144001_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202144001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
![[thumbnail of 7202144001_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202144001_BAB_V.pdf
Download (586kB)
![[thumbnail of 7202144001_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202144001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202144001_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202144001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (18MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh penggunan media pembelajaran interaktif berbasis wordwall dan self-efficacy kepada hasil belajar siswa kelas X Manajemen Perkantoran pada mata pelajaran administrasi umum di SMK Swasta Putra Jaya Stabat T.A 2023/2024. Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum optimalnya hasil belajar siswa kelas X MP dalam mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran Administrasi Umum di SMK Swasta Putra Jaya Stabat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitiam kualtitatif berupa pra-eksperimen dengan bentuk desain One Group Pretest-Posttest. Seluruh jumlah populasi sebanyak 40 siswa digunakan sebagai responden dalam penelitian ini. Alat Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan kuesioner (angket). Teknik analisis data menggunkan uji normalitas, kemudian uji hipotesis menggunakan uji anava dua jalur dengan menggunakan SPSS versi 26.
Dari hasil analisis, rerata hasil belajar siswa setelah menggunakan media Wordwall (posttest) adalah 87,8, lebih tinggi dibandingkan rerata sebelum menggunakan media tersebut (pretest) yaitu 53,05. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa uji parsial (uji t) untuk variabel independen Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Wordwall (X₁) kepada variabel dependen Hasil Belajar (Y) memberikan nilai signifikan sebesar 0,00. Berarti nilai signifikan 0,000 < 0,05, menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari media pembelajaran interaktif berbasis Wordwall kepada hasil belajar. Selain itu, uji parsial (uji t) untuk variabel independen Self Efficacy (X₂) kepada variabel dependen Hasil Belajar (Y) memberikan nilai signifikan sebesar 0,028. Hal ini juga menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,028 < 0,05, sehingga terdapat pengaruh positif dan signifikan dari Self Efficacy kepada hasil belajar. Hasil uji simultan (uji f) menunjukkan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 51,564 > 3,25 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain, terdapat pengaruh signifikan dari variabel X kepada Y. Perhitungan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,736 atau 73,6%, menunjukkan bahwa 73,6% hasil belajar siswa Kelas X Manajemen Perkantoran pada Mata Pelajaran Administrasi Umum di SMK Swasta Putra Jaya Stabat dipengaruhi oleh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Wordwall dan Self Efficacy. Dengan demikian penggunan media pembelajaran interaktif berbasis Wordwall dan Self Efficacy memberikan pengaruh positif dan signifikan kepada hasil belajar siswa Kelas X Manajemen Perkantoran pada Mata Pelajaran Administrasi Umum di SMK Swasta Putra Jaya Stabat Tahun Ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif, Wordwall, Self Efficacy, Hasil Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 05:18 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 05:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64397 |