Simarmata, Rina Veronica Br (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 SUNGGAL. Undergraduate thesis, UNIMED.
7202341001_Cover.pdf
Download (245kB)
7202341001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (631kB)
7202341001_Abstrak.pdf
Download (351kB)
7202341001_Kata_Pengantar.pdf
Download (411kB)
7202341001_Daftar_Isi.pdf
Download (116kB)
7202341001_Daftar_Tabel.pdf
Download (83kB)
7202341001_Daftar_Gambar.pdf
Download (46kB)
7202341001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (57kB)
7202341001_BAB_I.pdf
Download (560kB)
7202341001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (806kB)
7202341001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (901kB)
7202341001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
7202341001_BAB_V.pdf
Download (246kB)
7202341001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (517kB)
7202341001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: apakah pengaruh hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) lebih tinggi dari pada hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Sunggal. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 1 Sunggal pada semester genap TA. 2023/2024. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling. Sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI F13 sebagai kelas eksperimen (34 siswa) yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan kelas XI F12 sebagai kelas kontrol (34 siswa) yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes untuk mengukur hasil belajar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 86.91, standar deviasi 7,489 dan varians 56,083. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 79,26, standar deviasi 9,857, varians 97,170. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar dengan uji hipotesis sig. 0,01 ˂ α (0,05) maka hipotesis diterima. Disimpulkan ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar ekonomi siswa
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model pembelajaran, Student Team Achievement Division (STAD), Konvensional, Hasil Belajar, Ekonomi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 25 Jul 2025 04:29 |
| Last Modified: | 25 Jul 2025 04:29 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64385 |
