PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 SUNGGAL

Simarmata, Rina Veronica Br (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 SUNGGAL. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7202341001_Cover.pdf] Text
7202341001_Cover.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 7202341001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7202341001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (631kB)
[thumbnail of 7202341001_Abstrak.pdf] Text
7202341001_Abstrak.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of 7202341001_Kata_Pengantar.pdf] Text
7202341001_Kata_Pengantar.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of 7202341001_Daftar_Isi.pdf] Text
7202341001_Daftar_Isi.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 7202341001_Daftar_Tabel.pdf] Text
7202341001_Daftar_Tabel.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 7202341001_Daftar_Gambar.pdf] Text
7202341001_Daftar_Gambar.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of 7202341001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7202341001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 7202341001_BAB_I.pdf] Text
7202341001_BAB_I.pdf

Download (560kB)
[thumbnail of 7202341001_BAB_II.pdf] Text
7202341001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (806kB)
[thumbnail of 7202341001_BAB_III.pdf] Text
7202341001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (901kB)
[thumbnail of 7202341001_BAB_IV.pdf] Text
7202341001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 7202341001_BAB_V.pdf] Text
7202341001_BAB_V.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of 7202341001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7202341001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (517kB)
[thumbnail of 7202341001_Lampiran.pdf] Text
7202341001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: apakah pengaruh hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) lebih tinggi dari pada hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Sunggal. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 1 Sunggal pada semester genap TA. 2023/2024. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling. Sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI F13 sebagai kelas eksperimen (34 siswa) yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan kelas XI F12 sebagai kelas kontrol (34 siswa) yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes untuk mengukur hasil belajar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 86.91, standar deviasi 7,489 dan varians 56,083. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 79,26, standar deviasi 9,857, varians 97,170. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar dengan uji hipotesis sig. 0,01 ˂ α (0,05) maka hipotesis diterima. Disimpulkan ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar ekonomi siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model pembelajaran, Student Team Achievement Division (STAD), Konvensional, Hasil Belajar, Ekonomi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 25 Jul 2025 04:29
Last Modified: 25 Jul 2025 04:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64385

Actions (login required)

View Item
View Item