Matondang, Albert Agung (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN BERBANTUAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN HUMAS DAN KEPROTOKOLAN DI SMK BINA SATRIA MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
![[thumbnail of 7203144009_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144009_Cover.pdf
Download (316kB)
![[thumbnail of 7203144009_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203144009_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144009_Abstrak.pdf
Download (574kB)
![[thumbnail of 7203144009_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144009_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203144009_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144009_Daftar_Isi.pdf
Download (928kB)
![[thumbnail of 7203144009_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144009_Daftar_Tabel.pdf
Download (350kB)
![[thumbnail of 7203144009_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144009_Daftar_Gambar.pdf
Download (297kB)
![[thumbnail of 7203144009_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144009_Daftar_Lampiran.pdf
Download (368kB)
![[thumbnail of 7203144009_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144009_BAB_I.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 7203144009_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144009_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
![[thumbnail of 7203144009_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144009_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 7203144009_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144009_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 7203144009_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144009_BAB_V.pdf
Download (741kB)
![[thumbnail of 7203144009_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (728kB)
![[thumbnail of 7203144009_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203144009_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (17MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa di Sekolah Profesi Bina Satria. Tujuan dari pengujian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Issue Based Learning (PBL) dan media umum membantu terhadap hasil belajar. Eksplorasi ini diselesaikan pada kelas 12 Tahap F MPLB 1 SMK Bina Satria Medan Tahun Pelajaran 2023/2024. Populasi dalam tinjauan ini adalah kelas. Strategi pemeriksaan yang digunakan adalah pengujian tidak teratur. Instrumen pengumpulan informasi yang digunakan adalah soal pre-test dan post-test. Hasil pemeriksaan informasi menunjukkan skor rata-rata eksplorasi
adalah 59,75 dengan 8 siswa pada klasifikasi tuntas dan 32 siswa pada klasifikasi kurang. Setelah diberikan perlakuan terjadi peningkatan sebesar 84,38 dengan rincian 33 siswa pada klasifikasi selesai dan 7 siswa pada kelas kurang. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan media Issue Based Learning dan
media umum yang membantu model pembelajaran mengalami perluasan. Hasil dari penyelidikan informasi yang dilakukan setelah menerapkan berbagai tes sebelum pembelajaran dan setelah pembelajaran menunjukkan bahwa efek dari kemampuan pemahaman rasional siswa pada dasarnya unik. Hal ini dimaksudkan agar pada kelas eksplorasi perbedaan sebelum
pembelajaran dan sesudah pembelajaran mengalami perubahan yang sangat besar. Mengingat konsekuensi pemeriksaan faktual pada tes spekulasi kelas eksploratif dengan menggunakan
Matched Sample T-Test yang menunjukkan nilai kepentingan sebesar 0,000 < 0,05 dengan thitung bernilai 11,568 dengan dk = (n-1) = 39 pada t tabel sebesar 1,68, maka dapat beralasan bahwa 11,568 > 1,68 maka teori tersebut diakui. Model pembelajaran Issue Based Learning (PBL) dan bantuan media Umum mempengaruhi hasil belajar pada mata pelajaran periklanan dan konvensi di Sekolah Profesi Bina Satria Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Berbantuan Audio Visual, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education > LC4001 Children and youth with disabilities. Learning disabled children and youth |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 03:56 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 03:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64376 |