PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRAMBLE DAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KEJURUAN DI SMK NEGERI 1 MEDAN T.A 2023/2024

Hutagalung, Agnes Anastacia (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRAMBLE DAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KEJURUAN DI SMK NEGERI 1 MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7202444006_Cover.pdf] Text
7202444006_Cover.pdf

Download (468kB)
[thumbnail of 7202444006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7202444006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7202444006_Abstrak.pdf] Text
7202444006_Abstrak.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7202444006_Kata_Pengantar.pdf] Text
7202444006_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7202444006_Daftar_Isi.pdf] Text
7202444006_Daftar_Isi.pdf

Download (949kB)
[thumbnail of 7202444006_Daftar_Tabel.pdf] Text
7202444006_Daftar_Tabel.pdf

Download (672kB)
[thumbnail of 7202444006_Daftar_Gambar.pdf] Text
7202444006_Daftar_Gambar.pdf

Download (670kB)
[thumbnail of 7202444006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7202444006_Daftar_Lampiran.pdf

Download (672kB)
[thumbnail of 7202444006_BAB_I.pdf] Text
7202444006_BAB_I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 7202444006_BAB_II.pdf] Text
7202444006_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 7202444006_BAB_III.pdf] Text
7202444006_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 7202444006_BAB_IV.pdf] Text
7202444006_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 7202444006_BAB_V.pdf] Text
7202444006_BAB_V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7202444006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7202444006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7202444006_Lampiran.pdf] Text
7202444006_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Scramble dan Team Games Tournament terhadap hasil belajar siswa pada elemen Peralatan Dan Aplikasi Teknologi Perkantoran SMK Negeri 1 Medan T.A 2023/2024. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan diperoleh populasi penelitian seluruh kelas X MPLB dan sampel yang diambil sebanyak 68 siswa. Teknik pengumpulan data untuk mengetahui hasil belajar adalah berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran tes menggunakan SPSS versi 26 dan uji data pembeda tes menggunakan bantuan Ecxel. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan pengujian hipotesis.
Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pre-test dan post-test dengan model pembelajaran Scramble adalah 53,38 dan 78,53 dan hasil nilai rata-rata pre-test dan post-test dengan model pembelajaran Team Games Tournament adalah 57,50 dan 81,18. Berdasarkan hasil uji hipotesis hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Scramble mengalami peningkatan sebesar 61,76%. Sedangkan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament meningkat sebesar 76,47%. Pada kelas eksperimen Ⅰ menggunakan model pembelajaran Scramble diperoleh nilai t hitung sebesar 11,93 lebih besar dari nilai t tabel sebesar 1,69 dengan df 33 pada taraf signifikansi 0,05 maka thitung > ttabel (11,93 >1.69). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh siginifikan setelah menggunakan model pembelajaran Scramble. Sedangkan pada kelas eksperimen Ⅱ dengan menggunakan model pembelajaran Team games Tournament diterima hasil t hitung sebesar 19,20 lebih besar dari nilai t tabel sebesar 1,69 pada df 33 dengan taraf signifikansi 0,05 maka thitung > ttabel (19,20 >1.69). Maka dapat disimpulkan hipotesis diterima yaitu terdapat pengaruh signifikan setelah menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Cooperative Scramble, Model Pembelajaran Team Games Tournament, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education > LC4001 Children and youth with disabilities. Learning disabled children and youth
S Agriculture > SK Hunting sports > SK341 Other game
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 25 Jul 2025 03:40
Last Modified: 25 Jul 2025 03:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64373

Actions (login required)

View Item
View Item