Hutagalung, Agnes Anastacia (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRAMBLE DAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KEJURUAN DI SMK NEGERI 1 MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
![[thumbnail of 7202444006_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444006_Cover.pdf
Download (468kB)
![[thumbnail of 7202444006_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202444006_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444006_Abstrak.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202444006_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444006_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202444006_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444006_Daftar_Isi.pdf
Download (949kB)
![[thumbnail of 7202444006_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444006_Daftar_Tabel.pdf
Download (672kB)
![[thumbnail of 7202444006_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444006_Daftar_Gambar.pdf
Download (670kB)
![[thumbnail of 7202444006_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (672kB)
![[thumbnail of 7202444006_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444006_BAB_I.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 7202444006_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444006_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
![[thumbnail of 7202444006_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444006_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 7202444006_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444006_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![[thumbnail of 7202444006_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444006_BAB_V.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202444006_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202444006_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202444006_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (24MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Scramble dan Team Games Tournament terhadap hasil belajar siswa pada elemen Peralatan Dan Aplikasi Teknologi Perkantoran SMK Negeri 1 Medan T.A 2023/2024. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan diperoleh populasi penelitian seluruh kelas X MPLB dan sampel yang diambil sebanyak 68 siswa. Teknik pengumpulan data untuk mengetahui hasil belajar adalah berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran tes menggunakan SPSS versi 26 dan uji data pembeda tes menggunakan bantuan Ecxel. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan pengujian hipotesis.
Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pre-test dan post-test dengan model pembelajaran Scramble adalah 53,38 dan 78,53 dan hasil nilai rata-rata pre-test dan post-test dengan model pembelajaran Team Games Tournament adalah 57,50 dan 81,18. Berdasarkan hasil uji hipotesis hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Scramble mengalami peningkatan sebesar 61,76%. Sedangkan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament meningkat sebesar 76,47%. Pada kelas eksperimen Ⅰ menggunakan model pembelajaran Scramble diperoleh nilai t hitung sebesar 11,93 lebih besar dari nilai t tabel sebesar 1,69 dengan df 33 pada taraf signifikansi 0,05 maka thitung > ttabel (11,93 >1.69). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh siginifikan setelah menggunakan model pembelajaran Scramble. Sedangkan pada kelas eksperimen Ⅱ dengan menggunakan model pembelajaran Team games Tournament diterima hasil t hitung sebesar 19,20 lebih besar dari nilai t tabel sebesar 1,69 pada df 33 dengan taraf signifikansi 0,05 maka thitung > ttabel (19,20 >1.69). Maka dapat disimpulkan hipotesis diterima yaitu terdapat pengaruh signifikan setelah menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Cooperative Scramble, Model Pembelajaran Team Games Tournament, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education > LC4001 Children and youth with disabilities. Learning disabled children and youth S Agriculture > SK Hunting sports > SK341 Other game |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 03:40 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64373 |