Nursalimah, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS MAN 1 MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 7202141006_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141006_Cover.pdf
Download (287kB)
![[thumbnail of 7202141006_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202141006_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141006_Abstrak.pdf
Download (374kB)
![[thumbnail of 7202141006_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141006_Kata_Pengantar.pdf
Download (429kB)
![[thumbnail of 7202141006_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141006_Daftar_Isi.pdf
Download (607kB)
![[thumbnail of 7202141006_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141006_Daftar_Tabel.pdf
Download (548kB)
![[thumbnail of 7202141006_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141006_Daftar_Gambar.pdf
Download (226kB)
![[thumbnail of 7202141006_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (551kB)
![[thumbnail of 7202141006_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141006_BAB_I.pdf
Download (691kB)
![[thumbnail of 7202141006_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141006_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202141006_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141006_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202141006_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141006_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202141006_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141006_BAB_V.pdf
Download (86kB)
![[thumbnail of 7202141006_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (400kB)
![[thumbnail of 7202141006_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141006_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui motivasi dan hasil belajar jika diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS MAN 1 Medan T.A 2023/2024.
Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Medan, yang berlokasi di Jalan Willem Iskandar No. 7B Kelurahan Sidorejo hilir, Kecamatan Medan Tembung, Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian quasi eksperimental design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 182 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket dan soal tes. Uji instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji daya beda tes, dan uji tingkat kesukaran tes. Uji Persyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji Independent Sample T-Test dengan menggunakan software SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukan bahwa persentasi motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 80,53 % dengan kategori baik dan kelas kontrol sebesar 71,18 % dengan kategori baik. Hasil uji hipotesis yang dianalisis menggunakan SPSS dengan uji Independent Sample T-Test didapatkan hasil thitung sebesar 4,492 dengan tingkat signifikan (2-tailed) 0,000 dengan probabilitas signifikan < 0,05, thitung 4,492 > ttabel 1.666, maka H0 ditolak Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS MAN 1 Medan. Hasil belajar siswa secara statistik menggunakan uji-t pada taraf signifikan 0,05 dan nilai thitung sebesar 2,666. Dengan demikian , thitung 2,666 > ttabel 1.666, maka H0 ditolak Ha diterima. Penjelasan ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS MAN 1 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 09:32 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 09:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64349 |