PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS MAN 1 MEDAN T.A 2023/2024

Nursalimah, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS MAN 1 MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7202141006_Cover.pdf] Text
7202141006_Cover.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of 7202141006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7202141006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7202141006_Abstrak.pdf] Text
7202141006_Abstrak.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of 7202141006_Kata_Pengantar.pdf] Text
7202141006_Kata_Pengantar.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of 7202141006_Daftar_Isi.pdf] Text
7202141006_Daftar_Isi.pdf

Download (607kB)
[thumbnail of 7202141006_Daftar_Tabel.pdf] Text
7202141006_Daftar_Tabel.pdf

Download (548kB)
[thumbnail of 7202141006_Daftar_Gambar.pdf] Text
7202141006_Daftar_Gambar.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 7202141006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7202141006_Daftar_Lampiran.pdf

Download (551kB)
[thumbnail of 7202141006_BAB_I.pdf] Text
7202141006_BAB_I.pdf

Download (691kB)
[thumbnail of 7202141006_BAB_II.pdf] Text
7202141006_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 7202141006_BAB_III.pdf] Text
7202141006_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 7202141006_BAB_IV.pdf] Text
7202141006_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 7202141006_BAB_V.pdf] Text
7202141006_BAB_V.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 7202141006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7202141006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (400kB)
[thumbnail of 7202141006_Lampiran.pdf] Text
7202141006_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui motivasi dan hasil belajar jika diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS MAN 1 Medan T.A 2023/2024.
Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Medan, yang berlokasi di Jalan Willem Iskandar No. 7B Kelurahan Sidorejo hilir, Kecamatan Medan Tembung, Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian quasi eksperimental design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 182 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket dan soal tes. Uji instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji daya beda tes, dan uji tingkat kesukaran tes. Uji Persyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji Independent Sample T-Test dengan menggunakan software SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukan bahwa persentasi motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 80,53 % dengan kategori baik dan kelas kontrol sebesar 71,18 % dengan kategori baik. Hasil uji hipotesis yang dianalisis menggunakan SPSS dengan uji Independent Sample T-Test didapatkan hasil thitung sebesar 4,492 dengan tingkat signifikan (2-tailed) 0,000 dengan probabilitas signifikan < 0,05, thitung 4,492 > ttabel 1.666, maka H0 ditolak Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS MAN 1 Medan. Hasil belajar siswa secara statistik menggunakan uji-t pada taraf signifikan 0,05 dan nilai thitung sebesar 2,666. Dengan demikian , thitung 2,666 > ttabel 1.666, maka H0 ditolak Ha diterima. Penjelasan ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS MAN 1 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 24 Jul 2025 09:32
Last Modified: 24 Jul 2025 09:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64349

Actions (login required)

View Item
View Item