Pratiwi, Nur Aulia (2024) PENGARUH EFIKASI DIRI, MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 KISARAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 7202141001_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141001_Cover.pdf
Download (61kB)
![[thumbnail of 7202141001_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (198kB)
![[thumbnail of 7202141001_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141001_Abstrak.pdf
Download (65kB)
![[thumbnail of 7202141001_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141001_Kata_Pengantar.pdf
Download (259kB)
![[thumbnail of 7202141001_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141001_Daftar_Isi.pdf
Download (147kB)
![[thumbnail of 7202141001_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141001_Daftar_Tabel.pdf
Download (63kB)
![[thumbnail of 7202141001_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141001_Daftar_Gambar.pdf
Download (32kB)
![[thumbnail of 7202141001_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (56kB)
![[thumbnail of 7202141001_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141001_BAB_I.pdf
Download (523kB)
![[thumbnail of 7202141001_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202141001_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (678kB)
![[thumbnail of 7202141001_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202141001_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141001_BAB_V.pdf
Download (89kB)
![[thumbnail of 7202141001_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (239kB)
![[thumbnail of 7202141001_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Efikasi Diri, Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Kisaran Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas XI SMAN 1 Kisaran yang berjumlah 135 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan angket. Uji validitas angket menggunakan validitas isi dan uji reliabilitasnya dihitung dengan rumus borich. Teknik analisis data penelitian ini adalah uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas, kemudian analisis regresi linear berganda untuk menguji hipotesis secara parsial dan simultan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hipotesis secara parsial diperoleh hasil (1) variabel efikasi diri (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar siswa dengan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan thitung > ttabel 7,055 > 1,978. (2) variabel motivasi belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar siswa dengan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,007 < 0,05 dan thitung > ttabel 2,737 > 1,978. (3) variabel lingkungan teman sebaya (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar siswa dengan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan thitung > ttabel 10,844 > 1,978. Uji hipotesis secara simultan diperoleh hasil efikasi diri, motivasi belajar dan lingkungan teman sebaya secara bersama sama berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar siswa dengan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan Fhitung > Ftabel 71,371 > 2,67 . berdasarkan koefisien determinasi diperoleh R Square sebesar 0,620 atau sebesar 62%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa 62 % kemandirian belajar dipengaruhi oleh efikasi diri, motivasi belajar dan lingkungan teman sebaya, sedangkan 38% dipengaruhi oleh variabel yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Efikasi Diri, Motivasi Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Kemandirian Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 09:15 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 09:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64342 |