PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024

Sihaloho, Laura Adelia Mutiara (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7202441004_Cover.pdf] Text
7202441004_Cover.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 7202441004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7202441004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 7202441004_Abstrak.pdf] Text
7202441004_Abstrak.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 7202441004_Kata_Pengantar.pdf] Text
7202441004_Kata_Pengantar.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 7202441004_Daftar_Isi.pdf] Text
7202441004_Daftar_Isi.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 7202441004_Daftar_Tabel.pdf] Text
7202441004_Daftar_Tabel.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 7202441004_Daftar_Gambar.pdf] Text
7202441004_Daftar_Gambar.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 7202441004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7202441004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 7202441004_BAB_I.pdf] Text
7202441004_BAB_I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 7202441004_BAB_II.pdf] Text
7202441004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (967kB)
[thumbnail of 7202441004_BAB_III.pdf] Text
7202441004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB)
[thumbnail of 7202441004_BAB_IV.pdf] Text
7202441004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 7202441004_BAB_V.pdf] Text
7202441004_BAB_V.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 7202441004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7202441004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 7202441004_Lampiran.pdf] Text
7202441004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 3 Medan T.A 2023/2024 2) menganalisis pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Medan, yang berlokasi di Jl. Budi Kemasyarakatan No.3, Pulo Brayan Kota, Kec. Medan Bar., Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian quasi experimental design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 106 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket dan soal tes. Uji instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji daya beda tes, dan uji tingkat kesukaran tes. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah adalah uji Independent Sample T-Test dengan menggunakan software SPSS versi 23.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 3 Medan, dengan perolehan nilai �ℎ����� 30.496 > ������ 1,995 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05; 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 3 Medan, dengan perolehan nilai �ℎ����� 8,862 ������ 1,995 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05; 3) Model pembelajaran Discovery Learning cukup efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, dengan skor N-Gain peserta didik yang diajar dengan model Discovery Learning sebesar 0,61 dengan kategori sedang, dan kriteria cukup efektif, sedangkan peserta didik yang diajar dengan media konvensional memperoleh skor 0,03 dengan kategori rendah, dan kriteria tidak efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 24 Jul 2025 05:12
Last Modified: 24 Jul 2025 05:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64317

Actions (login required)

View Item
View Item