Sihaloho, Laura Adelia Mutiara (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 7202441004_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202441004_Cover.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 7202441004_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202441004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of 7202441004_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202441004_Abstrak.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 7202441004_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202441004_Kata_Pengantar.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 7202441004_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202441004_Daftar_Isi.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 7202441004_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202441004_Daftar_Tabel.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 7202441004_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202441004_Daftar_Gambar.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 7202441004_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202441004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 7202441004_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202441004_BAB_I.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of 7202441004_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202441004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (967kB)
![[thumbnail of 7202441004_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202441004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (742kB)
![[thumbnail of 7202441004_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202441004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202441004_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202441004_BAB_V.pdf
Download (114kB)
![[thumbnail of 7202441004_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202441004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (231kB)
![[thumbnail of 7202441004_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202441004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 3 Medan T.A 2023/2024 2) menganalisis pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Medan, yang berlokasi di Jl. Budi Kemasyarakatan No.3, Pulo Brayan Kota, Kec. Medan Bar., Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian quasi experimental design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 106 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket dan soal tes. Uji instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji daya beda tes, dan uji tingkat kesukaran tes. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah adalah uji Independent Sample T-Test dengan menggunakan software SPSS versi 23.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 3 Medan, dengan perolehan nilai �ℎ����� 30.496 > ������ 1,995 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05; 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 3 Medan, dengan perolehan nilai �ℎ����� 8,862 ������ 1,995 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05; 3) Model pembelajaran Discovery Learning cukup efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, dengan skor N-Gain peserta didik yang diajar dengan model Discovery Learning sebesar 0,61 dengan kategori sedang, dan kriteria cukup efektif, sedangkan peserta didik yang diajar dengan media konvensional memperoleh skor 0,03 dengan kategori rendah, dan kriteria tidak efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 05:12 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 05:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64317 |