Tampubolon, Kezia Angelica (2024) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 7203141004_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141004_Cover.pdf
Download (59kB)
![[thumbnail of 7203141004_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (349kB)
![[thumbnail of 7203141004_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141004_Abstrak.pdf
Download (68kB)
![[thumbnail of 7203141004_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141004_Kata_Pengantar.pdf
Download (176kB)
![[thumbnail of 7203141004_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141004_Daftar_Isi.pdf
Download (134kB)
![[thumbnail of 7203141004_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141004_Daftar_Tabel.pdf
Download (60kB)
![[thumbnail of 7203141004_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141004_Daftar_Gambar.pdf
Download (32kB)
![[thumbnail of 7203141004_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (93kB)
![[thumbnail of 7203141004_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141004_BAB_I.pdf
Download (418kB)
![[thumbnail of 7203141004_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (855kB)
![[thumbnail of 7203141004_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (704kB)
![[thumbnail of 7203141004_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203141004_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141004_BAB_V.pdf
Download (89kB)
![[thumbnail of 7203141004_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (177kB)
![[thumbnail of 7203141004_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri Percut Sei Tuan akibat kurangnya disiplin belajar dan minimnya perhatian orang tua dalam mendukung proses pendidikan. Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post-facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan yang berjumlah 216 siswa dan teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) dan nilai ekonomi siswa kelas X. Uji validitas dengan menggunakan teknik analisis product moment dan reliabilitas angket menggunakan rumus croanbach alpha. Data yang diperoleh dianalisis dengan Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Asumsi Klasik dan Uji Hipotesis menggunakan aplikasi SPSS Versi 23.
Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 34,452 + 0,566 (X1) + 0,289 (X2). Hasil pengujian dari hipotesis pertama secara parsial, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara displin belajar terhadap hasil belajar dengan nilai thinung > tabel (17,663 > 1,97743) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Hasil pengujian dari hipotesis kedua secara parsial, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar dengan nilai thitung > ttabel (5,542 > 1,97743) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Dan dari hasil pengujian dari hipotesis ketiga secara simultan, terdapat pengaruh signifikan antara disiplin belajar dan perhatian orang tua terhadap secara bersama-sama terhadap hasil belajar dengan nilai Fhitung > Ftabel (345.347 > 3.06) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Kemudian hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,83,4 atau 83,4% dan sisanya sisanya 16,6% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara simultan dan parsial, Disiplin Belajar dan Perhatian Orang Tua berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Disiplin Belajar, Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 04:58 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 04:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64315 |