Wulandari, Keren Dwi (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 2 BINJAI T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 7202141003_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141003_Cover.pdf
Download (280kB)
![[thumbnail of 7202141003_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 7202141003_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141003_Abstrak.pdf
Download (433kB)
![[thumbnail of 7202141003_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141003_Kata_Pengantar.pdf
Download (518kB)
![[thumbnail of 7202141003_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141003_Daftar_Isi.pdf
Download (322kB)
![[thumbnail of 7202141003_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141003_Daftar_Tabel.pdf
Download (386kB)
![[thumbnail of 7202141003_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141003_Daftar_Gambar.pdf
Download (268kB)
![[thumbnail of 7202141003_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (374kB)
![[thumbnail of 7202141003_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141003_BAB_I.pdf
Download (802kB)
![[thumbnail of 7202141003_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202141003_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202141003_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202141003_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141003_BAB_V.pdf
Download (303kB)
![[thumbnail of 7202141003_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (452kB)
![[thumbnail of 7202141003_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202141003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar pada mata
pelajaran ekonomi yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based
Learning lebih tinggi dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional
peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 2 Binjai T.A 2023/2024. Penelitian ini
dilaksanakan di SMA Negeri 2 Binjai. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh sisa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Binjai yang berjumlah 133 siswa. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yang terdiri dari
kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan
dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan berganda
dengan jumlah 20 soal. Sebelum tes ini diberikan pada sampel sesungguhnya,
maka tes ini diuji cobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas,
reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis adata yang
digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas, uji
homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t. dari hasil
analisis data kelas eksperimen nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 42,1 dan
67,41. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu
45,44 dan 60,29. Pengujian hipotesis dari hasil uji-t dengan menggunakan spss
diperoleh sig. 0.017 < 0,05, maka ditolak dan diterima. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based
Learning terhadap hasil belajar peserta didik SMA Negeri 2 Binjai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 02:56 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 02:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64290 |