PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 2 BINJAI T.A 2023/2024

Wulandari, Keren Dwi (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 2 BINJAI T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7202141003_Cover.pdf] Text
7202141003_Cover.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of 7202141003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7202141003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 7202141003_Abstrak.pdf] Text
7202141003_Abstrak.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of 7202141003_Kata_Pengantar.pdf] Text
7202141003_Kata_Pengantar.pdf

Download (518kB)
[thumbnail of 7202141003_Daftar_Isi.pdf] Text
7202141003_Daftar_Isi.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of 7202141003_Daftar_Tabel.pdf] Text
7202141003_Daftar_Tabel.pdf

Download (386kB)
[thumbnail of 7202141003_Daftar_Gambar.pdf] Text
7202141003_Daftar_Gambar.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of 7202141003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7202141003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of 7202141003_BAB_I.pdf] Text
7202141003_BAB_I.pdf

Download (802kB)
[thumbnail of 7202141003_BAB_II.pdf] Text
7202141003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 7202141003_BAB_III.pdf] Text
7202141003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 7202141003_BAB_IV.pdf] Text
7202141003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 7202141003_BAB_V.pdf] Text
7202141003_BAB_V.pdf

Download (303kB)
[thumbnail of 7202141003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7202141003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of 7202141003_Lampiran.pdf] Text
7202141003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar pada mata
pelajaran ekonomi yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based
Learning lebih tinggi dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional
peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 2 Binjai T.A 2023/2024. Penelitian ini
dilaksanakan di SMA Negeri 2 Binjai. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh sisa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Binjai yang berjumlah 133 siswa. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yang terdiri dari
kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan
dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan berganda
dengan jumlah 20 soal. Sebelum tes ini diberikan pada sampel sesungguhnya,
maka tes ini diuji cobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas,
reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis adata yang
digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas, uji
homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t. dari hasil
analisis data kelas eksperimen nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 42,1 dan
67,41. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu
45,44 dan 60,29. Pengujian hipotesis dari hasil uji-t dengan menggunakan spss
diperoleh sig. 0.017 < 0,05, maka ditolak dan diterima. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based
Learning terhadap hasil belajar peserta didik SMA Negeri 2 Binjai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 24 Jul 2025 02:56
Last Modified: 24 Jul 2025 02:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64290

Actions (login required)

View Item
View Item