Saragih, Katriel Gracella (2024) PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 BATANG KUIS TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
7193141022_Cover.pdf
Download (272kB)
7193141022_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (494kB)
7193141022_Abstrak.pdf
Download (553kB)
7193141022_Kata_Pengantar.pdf
Download (516kB)
7193141022_Daftar_Isi.pdf
Download (268kB)
7193141022_Daftar_Tabel.pdf
Download (211kB)
7193141022_Daftar_Gambar.pdf
Download (208kB)
7193141022_Daftar_Lampiran.pdf
Download (209kB)
7193141022_BAB_I.pdf
Download (675kB)
7193141022_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
7193141022_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (755kB)
7193141022_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (851kB)
7193141022_BAB_V.pdf
Download (236kB)
7193141022_Daftar_Pustaka.pdf
Download (514kB)
7193141022_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah ―Rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi‖. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan Ice Breaking terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Batang Kuis yang bertempat di Jalan Pendidikan, Desa Paya Gambar, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaen Deli Serdang. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini sebanyak 136 orang, dan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling sehingga sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XII IS di SMA Negeri 1 Batang Kuis yang berjumlah 31 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan angket motivasi belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam analisis motivasi belajar siswa yang dilakukan sebelum penggunaan Ice Breaking (Pre-treatment), terdapat dua siswa dalam kategori motivasi sangat tinggi, tiga belas dalam kategori tinggi, dan enam belas dalam kategori sedang. Setelah pelaksanaan Ice Breaking (Post-treatment), pemeriksaan motivasi belajar siswa mengungkapkan bahwa 5 siswa masuk dalam kelompok sangat tinggi, 17 siswa masuk kategori tinggi, dan 9 siswa masuk kategori sedang. Dari uji Paired Sample T-Test yang telah dilakukan, diperoleh nilai signifikansi sebesar (0,012 < 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima yakni terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar siswa kelas XII SMA Negeri 1 Batang Kuis pada mata pelajaran ekonomi setelah penerapan Ice Breaking
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Ice Breaking, Motivasi Belajar, Ekonomi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 24 Jul 2025 02:51 |
| Last Modified: | 24 Jul 2025 02:51 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64288 |
