Gulo, Karen Orelia (2024) PENGARUH KONSEP DIRI DAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 11 MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 7203341014_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203341014_Cover.pdf
Download (125kB)
![[thumbnail of 7203341014_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203341014_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (569kB)
![[thumbnail of 7203341014_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203341014_Abstrak.pdf
Download (143kB)
![[thumbnail of 7203341014_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203341014_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203341014_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203341014_Daftar_Isi.pdf
Download (90kB)
![[thumbnail of 7203341014_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203341014_Daftar_Tabel.pdf
Download (61kB)
![[thumbnail of 7203341014_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203341014_Daftar_Gambar.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of 7203341014_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203341014_Daftar_Lampiran.pdf
Download (189kB)
![[thumbnail of 7203341014_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203341014_BAB_I.pdf
Download (640kB)
![[thumbnail of 7203341014_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203341014_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203341014_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203341014_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (580kB)
![[thumbnail of 7203341014_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203341014_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203341014_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203341014_BAB_V.pdf
Download (136kB)
![[thumbnail of 7203341014_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203341014_Daftar_Pustaka.pdf
Download (293kB)
![[thumbnail of 7203341014_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203341014_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Masalah penelitian ini adalah siswa masih memiliki konsep diri negatif
dalam dirinya dan pengelolaan waktu yang dimiliki siswa masih kurang baik
sehingga memberikan pengaruh terhadap hasil belajar mereka terutama pada hasil
belajar ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Konsep Diri
dan Manajemen Waktu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Di SMA
Negeri 11 Medan T.A 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11
Medan yang beralamat di Jalan Pertiwi No. 93 Medan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto. Populasi dalam
penelitian ini adalah 102 siswa dan teknik pengambilan sampel adalah total
sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket,
observasi, dan dokumentasi. Sebelum angket penelitian digunakan pada penelitian
sesungguhnya, terlebih dahulu angket di uji kepada 34 siswa. Pengujian validitas
angket menggunakan teknik analisis product moment dan uji reliabilitas angket
menggunakan rumus Alpha Cronbach. Data yang diperoleh dianalisis dengan
Analisis Regresi Linear Berganda, Uji Asumsi Klasik, dan Uji Hipotesis
menggunakan SPSS.
Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persaman Y = 35,402
+ 0,550X1 + 0,347X2 . Dari hasil pengujian hipotesis pertama secara parsial
terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara konsep diri terhadap hasil
belajar ekonomi dengan nilai thitung > ttabel yaitu (14,686 > 1,660) dan nilai sig. <
0,05 (0,000 < 0,05). Hasil pengujian hipotesis kedua secara parsial terdapat
pengaruh positif dan signifikan antara manajemen waktu terhadap hasil belajar
ekonomi dengan nilai thitung > ttabel yaitu (5,654 > 1,660) dan nilai sig. < 0,05
(0,000 < 0,05). Hasil pengujian hipotesis ketiga secara simultan, terdapat
pengaruh positif dan signifikan antara konsep diri dan manajemen waktu terhadap
hasil belajar dengan nilai Fhitung > Ftabel (260,275 > 3,09).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Konsep Diri, Manajemen Waktu, dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 02:45 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 02:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64284 |