PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING BERBANTUAN QUIPPER SCHOOL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 BINJAI

Saragih, Jusni Ekamastani (2024) PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING BERBANTUAN QUIPPER SCHOOL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2193111044_Cover.pdf] Text
2193111044_Cover.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 2193111044_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2193111044_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2193111044_Abstrak.pdf] Text
2193111044_Abstrak.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 2193111044_Kata_Pengantar.pdf] Text
2193111044_Kata_Pengantar.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 2193111044_Daftar_Isi.pdf] Text
2193111044_Daftar_Isi.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 2193111044_Daftar_Tabel.pdf] Text
2193111044_Daftar_Tabel.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 2193111044_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2193111044_Daftar_Lampiran.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 2193111044_BAB_I.pdf] Text
2193111044_BAB_I.pdf

Download (492kB)
[thumbnail of 2193111044_BAB_II.pdf] Text
2193111044_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (773kB)
[thumbnail of 2193111044_BAB_III.pdf] Text
2193111044_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)
[thumbnail of 2193111044_BAB_IV.pdf] Text
2193111044_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2193111044_BAB_V.pdf] Text
2193111044_BAB_V.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 2193111044_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2193111044_Daftar_Pustaka.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 2193111044_Lampiran.pdf] Text
2193111044_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Menganalisis kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 4 Binjai sebelum menggunakan model blended learning berbantuan Quipper School; (2) Menganalisis kemampuan menulis puisi
siswa kelas X SMA Negeri 4 Binjai setelah menggunakan model blended learning berbantuan Quipper School; (3) Menganalisis pengaruh model blended learning berbantuan Quipper School terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 4 Binjai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test post-test design . Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Binjai yang berjumlah 110 orang dan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X IPA 2 dengan jumlah 36 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dengan menguji persyaratan analisis, uji homogenitas, uji homegenitas serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis puisi siswa sebelum menggunakan model blended learning berbantuan Quipper School adalah 57,77. Untuk nilai
rata-rata yang diperoleh siswa setelah menggunakan model blended learning berbantuan Quipper School sebesar 82,77% dan tergolong dalam kategori baik. Berdasarkan hasil uji t yang telah dilakukan di peroleh nilai pada taraf signifikan
 = 0,05 diperoleh nilai ketentuan ttabel sebesar 2,03 dan hasil thitung = 11,37. Maka thitung ˃ ttabel yakni 11,37 > 2,03, sehingga ho (hipotesis nihil) ditolak dan ha
(hipotesis alternatif) diterima. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pengajaran dengan menggunakan model blended learning berbantuan Quipper School berpengaruh positif terhadap hasil kemampuan menulis puisi siswa kelas
X SMA Negeri 4 Binjai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Blended Learning; Quipper School; menulis puisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 24 Jul 2025 02:46
Last Modified: 24 Jul 2025 02:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64283

Actions (login required)

View Item
View Item