PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIRED STORYTELIING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MATERI MENCERITAKAN KEMBALI ISI FABEL DI KELAS VII SMP NEGERI 1 TIGABINANGA

Ginting, Juli Laurensia (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIRED STORYTELIING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MATERI MENCERITAKAN KEMBALI ISI FABEL DI KELAS VII SMP NEGERI 1 TIGABINANGA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2192411028_Cover.pdf] Text
2192411028_Cover.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 2192411028_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2192411028_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2192411028_Abstrak.pdf] Text
2192411028_Abstrak.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of 2192411028_Kata_Pengantar.pdf] Text
2192411028_Kata_Pengantar.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 2192411028_Daftar_Isi.pdf] Text
2192411028_Daftar_Isi.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of 2192411028_Daftar_Tabel.pdf] Text
2192411028_Daftar_Tabel.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 2192411028_BAB_I.pdf] Text
2192411028_BAB_I.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of 2192411028_BAB_II.pdf] Text
2192411028_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)
[thumbnail of 2192411028_BAB_III.pdf] Text
2192411028_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)
[thumbnail of 2192411028_BAB_IV.pdf] Text
2192411028_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (772kB)
[thumbnail of 2192411028_BAB_V.pdf] Text
2192411028_BAB_V.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 2192411028_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2192411028_Daftar_Pustaka.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 2192411028_Lampiran.pdf] Text
2192411028_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa terhadap menceritakan kembali teks fabel yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh model pembelajaran paired storytelling terhadap keterampilan berbicara siswa materi menceritakan kembali isi fabel di kelas VII SMP Negeri 1 Tigabinanga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian two grup posttest only design. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu seluruah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tigabinanga yang berjumlah 210 orang dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII 3 kelas eksperimen dengan jumlah 31 siswa dan VII 4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dengan menguji persyartan analisis, uji homogenitas, homegenitas, serta uji hipotesis. Hasil penelitian pasa kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 82,90 berada pada kategori baik, sedangan hasil penelitian pada kelas kontrol pada nilai rata-rata 53,50 berada pada
kategori sangat kurang. Berdasarkan uji kesamaan nilai rata-rata diketahui bahwa kelas ekperimen lebih besar nilainya dibanding kelas kontrol dengan selisish nilai 29.4%. berdasarkan uji t yang telah dilakukan diperoleh nilai pada taraf signifikan α= 0,05 diperoleh nilai ketentuan ttabel sebesar 1,67109 dan hasil thitung = 10,8110. Maka hipotesis thituing > ttabeil yakni 10,8110 > 1,67109, seihingga hipoteisis nihil (Ho) ditolak dan hipoteisis alteirnativei (Ha) diteirima. Seicara keiseiluiruihan dapat disimpuilkan, peimbeilajaran deingan meingguinakan model paired storytelling beirpeingaruih positif dan signifikan teirhadap keterampilan menceritakan isi teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tigabinanga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengaruh; membaca; Metode Paired storytelling; Fabel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 24 Jul 2025 02:38
Last Modified: 24 Jul 2025 02:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64280

Actions (login required)

View Item
View Item