Pohan, Iga Mawarni (2024) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASANSPIRITUAL PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 3 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
7202441008_Cover.pdf
Download (268kB)
7202441008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (742kB)
7202441008_Abstrak.pdf
Download (723kB)
7202441008_Kata_Pengantar.pdf
Download (552kB)
7202441008_Daftar_Isi.pdf
Download (654kB)
7202441008_Daftar_Tabel.pdf
Download (666kB)
7202441008_Daftar_Gambar.pdf
Download (254kB)
7202441008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (372kB)
7202441008_BAB_I.pdf
Download (687kB)
7202441008_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
7202441008_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (932kB)
7202441008_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
7202441008_BAB_V.pdf
Download (393kB)
7202441008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (500kB)
7202441008_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar
ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Medan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual
peserta didik terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS
di SMA Negeri 3 Medan. Yang beralamat di jalan Budi Kemasyarakatan No 3
Pulo Brayan Kota, Kecamatan Medan, Sumatera Utara.
Jenis penelitian yang digunakan Expost Facto. Populasi penelitian ini
sebanyak 107 orang siswa dengan jumlah sampel sebanyak 84 orang siswa
dengan teknik random sampling dimana populasi dipilih secara acak untuk
dijadikan sampel tanpa memperhatikan tingkatan dengan asumsi bahwa anggota
populasi bersifat homogen. Teknik pengumpulan data mengunakan dokumentasi
dan penyebaran angket sebelum digunakan angket tersebut diuji terlebih dahulu.
Dari hasil pengujian diperoleh bahwa angket tersebut cukup valid dan reliabel.
Kemudian data yang telah di uji dari hasil angket dianalisis menggunakan regresi
linear berganda.
Dari hasil analisis diperoleh bahwa secara parsial tidak ada pengaruh
yang signifikan Kecerdasan Emosional ( X1 ) terhadap Prestasi Belajar ( Y )
dengan nilai signifikan sebesar 0,675 > (α = 0,05) dan (0,421 <
1,663). Dan Diperoleh secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan
Kecerdasan Spiritual ( X2 ) terhadap Prestasi Belajar ( Y ) dengan nilai signifikan
sebesar 0,001 < (α = 0,05) dan (3,397 > 1,663). Secara simultan
terdapat pengaruh yang signifikan antara Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan
Spiritual terhadap Prestasi Belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < (α =
0,05) dan nilai (14,360 > 2,71).
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Prestasi Belajar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 24 Jul 2025 02:21 |
| Last Modified: | 24 Jul 2025 02:24 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64273 |
