Hasibuan, Hardia Fitri (2024) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA SWASTA DHARMAWANGSA MEDAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.
7203341019_Cover.pdf
Download (138kB)
7203341019_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
7203341019_Abstrak.pdf
Download (679kB)
7203341019_Kata_Pengantar.pdf
Download (824kB)
7203341019_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
7203341019_Daftar_Tabel.pdf
Download (350kB)
7203341019_Daftar_Gambar.pdf
Download (227kB)
7203341019_Daftar_Lampiran.pdf
Download (347kB)
7203341019_BAB_I.pdf
Download (3MB)
7203341019_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
7203341019_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
7203341019_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
7203341019_BAB_V.pdf
Download (678kB)
7203341019_Daftar_Pustaka.pdf
Download (258kB)
7203341019_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Dharmawangsa Medan yang
berjumlah 128 siswa. Sampel diambil dengan rumus slovin yaitu sebanyak 97
siswa. Uji validitas instrument menggunakan rumus product moment, sedangkan
uji reliabilitas menggunakan teknik cronbach alpha. Teknik analisis data
menggunakan uji regresi linear berganda, uji hipotesis secara parsial dan simultan
serta perhitungan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan. Pertama, terdapat pengaruh secara
signifikan antara variabel motivasi belajar (Xı) terhadap hasil belajar (Y) kelas XI
IPA SMA Swasta Dharmawangsa yaitu berdasarkan uji t (thitung > ttabel) 3,623
> 1,661 dengan dinilai signifikansi 0,000 < 0,05, kedua terdapat pengaruh antara
lingkungan teman sebaya (X₂) terhadap hasil belajar (Y) kelas XI IPA SMA
Swasta Dharmawangsa Medan yaitu berdasarkan uji t (thitung > ttabel) 4,037 >
1,661 dengan dinilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil uji ftabel didapat fhitung >
Ftabel (17,980 > 2,70) dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan
analisis diperoleh Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,377 yang menjelaskan
bahwa pengaruh motivasi belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil
belajar pada mata pelajaran ekonomi 37,7% dan sisanya sebesar 62,3%
dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Motivasi Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Hasil Belajar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 23 Jul 2025 07:13 |
| Last Modified: | 23 Jul 2025 07:13 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64249 |
