Amri, Rizkytia Melvia (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WEBBED TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PATUMBAK 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203351010_Cover.pdf
Download (58kB)
4203351010_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (138kB)
4203351010_Abstrak.pdf
Download (74kB)
4203351010_Kata_Pengantar.pdf
Download (140kB)
4203351010_Daftar_Isi.pdf
Download (106kB)
4203351010_BAB_I.pdf
Download (119kB)
4203351010_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (486kB)
4203351010_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (338kB)
4203351010_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (265kB)
4203351010_BAB_V.pdf
Download (155kB)
4203351010_Daftar_Pustaka.pdf
Download (198kB)
4203351010_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Model pembelajaran terpadu, khususnya model webbed, telah terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengintegrasikan berbagai konsep dari beberapa bidang studi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran webbed terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia di kelas VIII SMP Negeri 1 Patumbak. Selain itu, penelitian ini juga membandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran webbed dengan yang tidak menggunakannya. Penelitian ini menggunakan jenis quasi-eksperimen dengan desain two group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Patumbak pada semester genap T.P 2023/2024 yang terdiri dari 9 kelas yang berjumlah 273 siswa. Sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih secara class random sampling, dengan total 60 siswa. Data dikumpulkan melalui tes post-test untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil pre-test menunjukkan bahwa nilai rata rata kelas eksperimen (35,83) dan nilai rata-rata kelas kontrol (32,5). Sedangkan hasil yang diperoleh pada post test menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen (75,5) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (32,5). Untuk uji hipotetsis �ℎ����� 0,000 ��� ������ 0,05. Pada data di atas bahwa nilai Sig. (2.tailed) sebesar 0,000. Sehingga dapat dinyatakan bahwa 0,000 < 0,05 sehingga dapat diambil keputusan bahwa �0 ditolak dan ��diterima. Data ini mengindikasikan bahwa penerapan model webbed secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa model webbed pada kelas VIII SMP Negeri 1 Patumbak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa terkait dengan materi sistem pernapasan manusia.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | 573.2 Amr p |
| Keywords: | Pembelajaran webbed; Hasil belajar; Sistem pernapasan manusia; Pendidikan IPA; Quasi-eksperimen |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QM Human anatomy |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 23 Jul 2025 07:00 |
| Last Modified: | 23 Jul 2025 07:00 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64247 |
