Pengaruh Model Pembelajaran The Firing Line terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-unsur Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Onan Runggu Tahun Pembelajaran 2021/2022

Hutagalung, Winda (2022) Pengaruh Model Pembelajaran The Firing Line terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-unsur Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Onan Runggu Tahun Pembelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2181111020 COVER.pdf] Text
1. NIM 2181111020 COVER.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of 2. NIM 2181111020 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 2181111020 APPROVAL SHEET.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of 3. NIM 2181111020 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 2181111020 ABSTRACT.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 4. NIM 2181111020 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 2181111020 PREFACE.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of 5. NIM 2181111020 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 2181111020 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 6. NIM 2181111020 LIST OF TABLE.pdf] Text
6. NIM 2181111020 LIST OF TABLE.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 7. NIM 2181111020 APPENDICES.pdf] Text
7. NIM 2181111020 APPENDICES.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 8. NIM 2181111020 CHAPTER I.pdf] Text
8. NIM 2181111020 CHAPTER I.pdf

Download (837kB)
[thumbnail of 9. NIM 2181111020 CHAPTER II.pdf] Text
9. NIM 2181111020 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[thumbnail of 10. NIM 2181111020 CHAPTER III.pdf] Text
10. NIM 2181111020 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (976kB)
[thumbnail of 11. NIM 2181111020 CHAPTER IV.pdf] Text
11. NIM 2181111020 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 12. NIM 2181111020 CHAPTER V.pdf] Text
12. NIM 2181111020 CHAPTER V.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 13. NIM 2181111020 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
13. NIM 2181111020 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 14. NIM 2181111020 ENDCLOSURE.pdf] Text
14. NIM 2181111020 ENDCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan mengidentifikasi unsurunsur
drama siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Onan Runggu masih tergolong
rendah dan guru belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dalam
pembelajaran sehingga perlu pemberian model pembelajaran, salah satunya yaitu
model pembelajaran The Firing Line. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran The Firing Line terhadap
kemampuan siswa dalam mengidentifikasi unsur-unsur drama kelas VIII SMP
Negeri 2 Onan Runggu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII
SMP Negeri 2 Onan Runggu tahun pembelajaran 2021/2022 yang terdiri dari dua
kelas dengan jumlah siswa 52 orang. Sampel penelitian sebanyak 52 siswa yang
terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen sebanyak 27 siswa dan kelas kontrol
sebanyak 25 siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain
Only Control post-tes design. Hasil penelitian dan kesimpulan dalam penelitian
ini adalah: 1)Kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur drama dengan
menggunakan model ceramah masih rendah. Dari hasil pengolahan data diperoleh
hasil dengan rata-rata 62.28, standar deviasi 14,87 dengan jumah siswa yang
memiliki nilai dibawah KKM (75) sebanyak 16 siswa. 2) Sedangkan kemampuan
mengidentifikasi unsur-unsur drama dengan model pembelajaran The Firing Line
diperoleh hasil nilai yang baik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil pengolahan
data diperoleh rata-rata 84,7, standar deviasi 10,56 dengan jumlah siswa yang
memiliki nilai dibawah KKM (75) sebanyak 2 0rang. 3). Hasil perhitungan
normalitas kelas kontrol memperoleh harga Lhitung < Ltabel (0,172 < 0,173) dan
kelas eksperimen mempreroleh harga Lhitung < Ltabel (0,1197 < 0,173).Hal ini
membuktikan bahwa data tersebut berdistribusi normal. Hasil perhitungan
homogenitas memperoleh harga Fhitung < Ftabel = 1,98 < 2,14. Hal ini membuktikan
bahwa sampel berasal dari populasi yang homogenitas.Hasil perhitungan hipotesis
memperoleh harga thitung > ttabel (6,44 > 1,68),maka hipotesis alternatif( Ha )
diterima sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa ada Pengaruh Model
Pembelajaran The Firing Line Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsurunsur
Drama Siswa Kelas VIII SMP N 2 Onan Runggu Tahun Pembelajaran
2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Mengidentifikasi; Unsur-unsur drama; Model pembelajaran The Firing Line
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Ricky Syahrizal
Date Deposited: 22 Jul 2025 04:09
Last Modified: 22 Jul 2025 04:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64156

Actions (login required)

View Item
View Item