Ningsih, Siti Nurhasanah Tria (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Prediction Guide Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMPN 4 Medan Tahun Pembelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2183111042 COVER.pdf
Download (41kB)
2. NIM 2183111042 APPROVAL SHEET.pdf
Download (428kB)
3. NIM 2183111042 ABSTRACT.pdf
Download (313kB)
4. NIM 2183111042 PREFACE.pdf
Download (325kB)
5. NIM 2183111042 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (264kB)
6. NIM 2183111042 LIST OF TABLE.pdf
Download (387kB)
7. NIM 2183111042 LIST FIGURE.pdf
Download (209kB)
8. NIM 2183111042 LIST OF DIAGRAM.pdf
Download (209kB)
9. NIM 2183111042 APPENDICES.pdf
Download (208kB)
10. NIM 2183111042 CHAPTER I.pdf
Download (609kB)
11.NIM 2183111042 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (874kB)
12. NIM 2183111042 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (948kB)
13. NIM 2183111042 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
14. NIM 2183111042 CHAPTER V.pdf
Download (348kB)
15. NIM 2183111042 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (269kB)
16. NIM 2183111042 ENDCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu kurangnya minat dan pengetahuan siswa
dalam menulis teks deskripsi, pembelajaran menulis teks deskripsi dianggap
membosankan bagi siswa, serta model yang digunakan guru dalam pembelajaran
menulis teks deskripsi kurang bervariasi. Maka dari itu dibutuhkan model
pembelajaran yang efektif yaitu Prediction Guide. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran Prediction Guide terhadap kemampuan
menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMPN 4 Medan tahun pembelajaran
2021/2022. Populasi dalam penelitian ini yaitu 334 siswa yang tersebar pada 11
kelas. Sampel yang diambil yaitu kelas VII-6 sebanyak 31 siswa. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan desain One-
Group Pre-test Post-test Design. Dari pengolahan data diperoleh hasil pretest
dengan nilai rata-rata=58,47 ; standar deviasi= 16,89 ; standar error= 3,08, dan
tergolong kategori kurang. Sedangkan hasil posttest diperoleh nilai rata-rata=87,1
; standar deviasi= 11,40 ; standar error= 2,08 ; dan tergolong kategori baik.
Berdasarkan pengujian hipotesis uji normalitas nilai pretest dan posttest, diperoleh
bahwa data yang digunakan berdistribusi normal. Selanjutnya pada pengujian
hipotesis uji homogenitas diperoleh bahwa sampel yang digunakan berasal dari
varian yang homogen. Dan pada pengujian hipotesis uji T diperoleh nilai thitung
sebesar 8,04; dan ttabel dengan taraf signifikansi α=0,05 dengan dk=30 yaitu
1,697. Hal itu berarti nilai thitung (8,04) > ttabel (1,697), dan hipotesis penelitian
atau Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
Prediction Guide berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis teks
deskripsi kelas VII SMPN 4 Medan tahun pembelajaran 2021/2022.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | pengaruh; Prediction Guide; teks deskripsi |
| Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Ricky Syahrizal |
| Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:31 |
| Last Modified: | 22 Jul 2025 03:31 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64140 |
