Losius, Sihol Santo (2024) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Menggunakan E-Modul Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kelistrikan Otomotif Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5201122011_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201122011_Cover.pdf
Download (249kB)
![[thumbnail of 5201122011_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201122011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (315kB)
![[thumbnail of 5201122011_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201122011_Kata_Pengantar.pdf
Download (472kB)
![[thumbnail of 5201122011_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201122011_Abstrak.pdf
Download (559kB)
![[thumbnail of 5201122011_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201122011_Daftar_Isi.pdf
Download (289kB)
![[thumbnail of 5201122011_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201122011_Daftar_Tabel.pdf
Download (260kB)
![[thumbnail of 5201122011_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201122011_Daftar_Gambar.pdf
Download (230kB)
![[thumbnail of 5201122011_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201122011_Daftar_Lampiran.pdf
Download (261kB)
![[thumbnail of 5201122011_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201122011_BAB_I.pdf
Download (426kB)
![[thumbnail of 5201122011_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201122011_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5201122011_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201122011_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5201122011_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201122011_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 5201122011_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201122011_BAB_V.pdf
Download (511kB)
![[thumbnail of 5201122011_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201122011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (567kB)
![[thumbnail of 5201122011_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201122011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan E-Modul pada siswa kelas XI TKRO pada mata pelajaran kelistrikan otomotif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom Action Riset). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi tindakan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKRO di SMK Negeri 2 Medan yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian dekskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dalam apersepsi mengalami peningkatan dari siklus I (50%) dan siklus II (87,5%). Hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I yaitu siswa yang menyelesaikan pretest sebesar 25% (8 siswa), siswa yang tuntas posttest sebanyak 50% (16 siswa) kemudian meningkat menjadi 87.5 (28 siswa) pada siklus II, dengan indikator ketercapaian hasil belajar melebihi yang ditentukan yaitu 80% dari seluruh siswa dengan mendapatkan skor >75. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan E-Modul pada siswa kelas XI TKRO di SMK Negeri 2 Medan pada mata pelajaran kelistrikan otomotif dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa dengan indikator keberhasilan belajar siswa sebesar 70% siswa secara keseluruhan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar; Model pembelajaran; Problem Based Learning |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:33 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 08:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64094 |