Gemilang, Rifqi Muhammad (2024) Analisis Kesiapan Guru Dalam Pengimplementasian Kurikulum Merdeka Di SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5203122015_Cover.pdf
Download (197kB)
5203122015_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
5203122015_Kata_Pengantar.pdf
Download (222kB)
5203122015_Abstrak.pdf
Download (277kB)
5203122015_Daftar_Isi.pdf
Download (188kB)
5203122015_Daftar_Tabel.pdf
Download (175kB)
5203122015_Daftar_Gambar.pdf
Download (175kB)
5203122015_Daftar_Lampiran.pdf
Download (161kB)
5203122015_BAB_I.pdf
Download (413kB)
5203122015_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5203122015_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (407kB)
5203122015_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (768kB)
5203122015_BAB_V.pdf
Download (214kB)
5203122015_Daftar_Pustaka.pdf
Download (562kB)
5203122015_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesiapan guru dalam pengimplementasian Kurikulum Merdeka di sekolah, dengan fokus pada empat indikator: 1) kesiapan guru terhadap asesmen, 2) kesiapan guru terhadap penggunaan dan pengembangan perangkat ajar, 3) kesiapan guru dalam perencanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila, dan 4) kesiapan guru dalam implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan angket skala Likert 1-4 sebagai instrumen pengumpulan data. Populasi terdiri dari 15 guru yang terlibat dalam jurusan otomotif di SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan, dengna menggunakan sampling jenuh. Analisis data dilakukan melalui teknik deskriptif. Hasil penelitian ini dapat dikatakan untuk mengetahui kesiapan guru dalam pengimplementasian kurikulum merdeka menyatakan bahwa 72% dari 15 responden berada pada kategori siap dan masih ada beberapa guru yang tidak siap. Jika dilihat dari indikator kesiapan guru terhadap asesmen menyatakan total kesiapan guru 76% pada kategori siap sementara dari 15 responden, 40% termasuk dalam kategori sangat siap, 33% termasuk dalam kategori siap dan 27% termasuk dalam kategori cukup siap . Jika dilihat dari indikator kesiapan guru terhadap penggunaan dan pengembangan perangkat ajar menyatakan total kesiapan guru 79% dilihat pada kategori siap, sementara dari 15 responden, 47% termasuk dalam kategori sangat siap, 33% termasuk dalam kategori siap dan 20% termasuk dalam kategori cukup siap. Jika dilihat dari indikator kemampuan guru dalam perencanaan proyek penguatan profil pelajar pancasila menyatakan total kesiapan guru 68% pada kategori siap, sementara dari 15 responden, 20% termasuk dalam kategori sangat siap, 40% termasuk dalam kategori siap, 27% termasuk dalam kategori cukup sia dan 13% termasuk dalam kategori tidak siap. Jika dilihat dari indikator kemampuan guru dalam implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila menyatakan total kesiapan guru 65% pada kategori siap, sementara dari 15 responden 7% termasuk dalam kategori sangat siap, 60% termasuk dalam kategori siap, 13% termasuk dalam kategori cukup siap dan 20% temasuk dalam kategori tidak siap.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Kesiapan Guru; Kurikulum Merdeka; Pengimplementasian Kurikulum Merdeka |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:18 |
| Last Modified: | 21 Jul 2025 08:18 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64089 |
