Mustofa, Muhammad (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Project Based Learning Pada Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X SMK Swasta Sinar Husni 1 BM. Undergraduate thesis, UNIMED.
5181151010_Cover.pdf
Download (57kB)
5181151010_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (420kB)
5181151010_Kata_Pengantar.pdf
Download (177kB)
5181151010_Abstrak.pdf
Download (271kB)
5181151010_Daftar_Isi.pdf
Download (324kB)
5181151010_Daftar_Tabel.pdf
Download (197kB)
5181151010_Daftar_Gambar.pdf
Download (194kB)
5181151010_Daftar_Lampiran.pdf
Download (221kB)
5181151010_BAB_I.pdf
Download (342kB)
5181151010_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5181151010_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5181151010_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5181151010_BAB_V.pdf
Download (88kB)
5181151010_Daftar_Pustaka.pdf
Download (61kB)
5181151010_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Kegiatan pembelajaran di SMK Swasta Sinar Husni 1 BM Khususnya kelas X RPL 2 tidak menggunakan multimedia interaktif dan penyampaian materi pembelajaran hanya melalui power point dan buku cetak yang di sediakan sekolah serta dalam pemberian materi selalu menggunakan metode ceramah. Berdasarkan hasil temuan pada saat observasi, diketahui bahwa para siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran dikelas. Hal ini disebabkan oleh kurang variatif dan inovatifnya media yang digunakan pendidik dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan media pembelajaran berbasis project based learning menggunakan aplikasi adobe flash. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE dibuat dalam lima tahapan : (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Dan Evaluasi). Hasil yang diperoleh dari uji kelayakan konten produk media pembelajaran interaktif berdasarkan validasi uji kelayakan materi memperoleh skor total 4,46 “sangat layak”, validasi uji kelayakan media memperoleh skor total 3,39 “layak” dan validasi uji akseptabilitas pengguna memperoleh skor total 4,31 “sangat layak”. Hasil perhitungan pre-test dan post-test di kelas X RPL 2, di peroleh nilai rata-rata pre-tets sebesar 61,39 dan post-test sebesar 90,83. Berdasarkan hasil nilai rata-rata pre- test dan post-test diperoleh n-gain nilai rata-rata secara keseluruhan
0.76 termasuk dalam kriteria Tinggi dan dapat dikatakan Efektif digunakan sebagai media pembelajaran interaktif.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media pembelajaran interaktif, Project based learning |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer |
| Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 03:21 |
| Last Modified: | 21 Jul 2025 03:21 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64022 |
