Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Project Based Learning Pada Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X SMK Swasta Sinar Husni 1 BM

Mustofa, Muhammad (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Project Based Learning Pada Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X SMK Swasta Sinar Husni 1 BM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5181151010_Cover.pdf] Text
5181151010_Cover.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 5181151010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5181151010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of 5181151010_Kata_Pengantar.pdf] Text
5181151010_Kata_Pengantar.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 5181151010_Abstrak.pdf] Text
5181151010_Abstrak.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of 5181151010_Daftar_Isi.pdf] Text
5181151010_Daftar_Isi.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of 5181151010_Daftar_Tabel.pdf] Text
5181151010_Daftar_Tabel.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of 5181151010_Daftar_Gambar.pdf] Text
5181151010_Daftar_Gambar.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 5181151010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5181151010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 5181151010_BAB_I.pdf] Text
5181151010_BAB_I.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of 5181151010_BAB_II.pdf] Text
5181151010_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5181151010_BAB_III.pdf] Text
5181151010_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5181151010_BAB_IV.pdf] Text
5181151010_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5181151010_BAB_V.pdf] Text
5181151010_BAB_V.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 5181151010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5181151010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 5181151010_Lampiran.pdf] Text
5181151010_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran di SMK Swasta Sinar Husni 1 BM Khususnya kelas X RPL 2 tidak menggunakan multimedia interaktif dan penyampaian materi pembelajaran hanya melalui power point dan buku cetak yang di sediakan sekolah serta dalam pemberian materi selalu menggunakan metode ceramah. Berdasarkan hasil temuan pada saat observasi, diketahui bahwa para siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran dikelas. Hal ini disebabkan oleh kurang variatif dan inovatifnya media yang digunakan pendidik dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan media pembelajaran berbasis project based learning menggunakan aplikasi adobe flash. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE dibuat dalam lima tahapan : (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Dan Evaluasi). Hasil yang diperoleh dari uji kelayakan konten produk media pembelajaran interaktif berdasarkan validasi uji kelayakan materi memperoleh skor total 4,46 “sangat layak”, validasi uji kelayakan media memperoleh skor total 3,39 “layak” dan validasi uji akseptabilitas pengguna memperoleh skor total 4,31 “sangat layak”. Hasil perhitungan pre-test dan post-test di kelas X RPL 2, di peroleh nilai rata-rata pre-tets sebesar 61,39 dan post-test sebesar 90,83. Berdasarkan hasil nilai rata-rata pre- test dan post-test diperoleh n-gain nilai rata-rata secara keseluruhan
0.76 termasuk dalam kriteria Tinggi dan dapat dikatakan Efektif digunakan sebagai media pembelajaran interaktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media pembelajaran interaktif, Project based learning
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer
Depositing User: Mrs Susiani Susiani
Date Deposited: 21 Jul 2025 03:21
Last Modified: 21 Jul 2025 03:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64022

Actions (login required)

View Item
View Item