PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI FINANSIAL PESERTA DIDIK PADA MATERI BANK KELAS X DI SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN T.A. 2023/2024

Simarmata, Anjelina Sonata Br (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI FINANSIAL PESERTA DIDIK PADA MATERI BANK KELAS X DI SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN T.A. 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7193341035_Cover.pdf] Text
7193341035_Cover.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of 7193341035_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7193341035_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7193341035_Abstrak.pdf] Text
7193341035_Abstrak.pdf

Download (695kB)
[thumbnail of 7193341035_Kata_Pengantar.pdf] Text
7193341035_Kata_Pengantar.pdf

Download (883kB)
[thumbnail of 7193341035_Daftar_Isi.pdf] Text
7193341035_Daftar_Isi.pdf

Download (895kB)
[thumbnail of 7193341035_Daftar_Tabel.pdf] Text
7193341035_Daftar_Tabel.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of 7193341035_Daftar_Gambar.pdf] Text
7193341035_Daftar_Gambar.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of 7193341035_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7193341035_Daftar_Lampiran.pdf

Download (366kB)
[thumbnail of 7193341035_BAB_I.pdf] Text
7193341035_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 7193341035_BAB_II.pdf] Text
7193341035_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 7193341035_BAB_III.pdf] Text
7193341035_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 7193341035_BAB_IV.pdf] Text
7193341035_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 7193341035_BAB_V.pdf] Text
7193341035_BAB_V.pdf

Download (891kB)
[thumbnail of 7193341035_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7193341035_Daftar_Pustaka.pdf

Download (891kB)
[thumbnail of 7193341035_Lampiran.pdf] Text
7193341035_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya kemampuan literasi finansial peserta didik pada materi bank kelas X”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi finansial peserta didik pada materi bank kelas X.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Teknik Cluster Random Sampling diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen yaitu X-B dan kelas kontrol X-A setiap kelas berjumlah 36 peserta didik.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Dalam analisis uji normalitas data pre-test dan post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki nilai signifikan > 0,05 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa data yang dikumpulkan berdistribusi “normal”. Hasil uji homogenitas diperoleh nilai signifikan bernilai 0,562 > 0,05 maka varian data bersifat homogen. Selanjutnya dilakukan Uji-t bahwa nilai (sig.) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan pada kelas eksperimen nilai rata-rata �1 = 86,94 dan kelas kontrol nilai rata-rata �2 = 77,36. Dengan memperhatikan nilai (sig.) yang diperoleh maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi finansial peserta didik pada materi bank kelas X di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan T.A. 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning, Kemampuan Literasi Finansial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 18 Jul 2025 08:42
Last Modified: 18 Jul 2025 08:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63983

Actions (login required)

View Item
View Item