Simarmata, Anjelina Sonata Br (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI FINANSIAL PESERTA DIDIK PADA MATERI BANK KELAS X DI SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN T.A. 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
7193341035_Cover.pdf
Download (308kB)
7193341035_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
7193341035_Abstrak.pdf
Download (695kB)
7193341035_Kata_Pengantar.pdf
Download (883kB)
7193341035_Daftar_Isi.pdf
Download (895kB)
7193341035_Daftar_Tabel.pdf
Download (301kB)
7193341035_Daftar_Gambar.pdf
Download (296kB)
7193341035_Daftar_Lampiran.pdf
Download (366kB)
7193341035_BAB_I.pdf
Download (2MB)
7193341035_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
7193341035_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
7193341035_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
7193341035_BAB_V.pdf
Download (891kB)
7193341035_Daftar_Pustaka.pdf
Download (891kB)
7193341035_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (14MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya kemampuan literasi finansial peserta didik pada materi bank kelas X”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi finansial peserta didik pada materi bank kelas X.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Teknik Cluster Random Sampling diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen yaitu X-B dan kelas kontrol X-A setiap kelas berjumlah 36 peserta didik.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Dalam analisis uji normalitas data pre-test dan post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki nilai signifikan > 0,05 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa data yang dikumpulkan berdistribusi “normal”. Hasil uji homogenitas diperoleh nilai signifikan bernilai 0,562 > 0,05 maka varian data bersifat homogen. Selanjutnya dilakukan Uji-t bahwa nilai (sig.) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan pada kelas eksperimen nilai rata-rata �1 = 86,94 dan kelas kontrol nilai rata-rata �2 = 77,36. Dengan memperhatikan nilai (sig.) yang diperoleh maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi finansial peserta didik pada materi bank kelas X di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan T.A. 2023/2024.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Problem Based Learning, Kemampuan Literasi Finansial |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 18 Jul 2025 08:42 |
| Last Modified: | 18 Jul 2025 08:42 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63983 |
