Nasution, Wina Safitri (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ragam Hias di Kelas V SDN 06 Rantau Utara. Undergraduate thesis, UNIMED.
1213311145_Cover.pdf
Download (121kB)
1213311145_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (358kB)
1213311145_Kata_Pengantar.pdf
Download (265kB)
1213311145_Abstrak.pdf
Download (248kB)
1213311145_Daftar_Isi.pdf
Download (165kB)
1213311145_Daftar_Tabel.pdf
Download (112kB)
1213311145_Daftar_Gambar.pdf
Download (110kB)
1213311145_Daftar_Lampiran.pdf
Download (219kB)
1213311145_BAB_I.pdf
Download (446kB)
1213311145_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1213311145_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (973kB)
1213311145_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1213311145_BAB_V.pdf
Download (140kB)
1213311145_Daftar_Pustaka.pdf
Download (296kB)
1213311145_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi Ragam Hias di kelas
V SDN 06 Rantau Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
eksperimen. Bentuk eksperimrn dalam penelitian ini adalah Nonequivalent
Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa
tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah
siswa kelas V di SDN 06 Rantau Utara, yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VA
sebagai kelompok eksperimen dengan model pembelajaran discovery learning dan
kelas VB dengan model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran
discovery learning efektif dalam membimbing siswa menjadi lebih aktif dalam
pembelajaran Ragam Hias, dengan mendorong rasa ingin tahu dan kemampuan
menarik kesimpulan. Setiap tahap pembelajaran membantu siswa
mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan menemukan konsep secara
mandiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah uji statistic uji-t (t-test)
dengan menggunakan SPPS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran discovery learning terhadap
hasil belajar siswa pada materi Ragam Hias di kelas V SDN 06 Rantau Utara.
Secara statistik hasil posttest siswa pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata
89, 75 dan pada kelas kontrol memperoleh rata-rata 82,50. Dengan demikian
perbandingan rata-rata hasil belajar siswa yang berbeda adalah 89, 75 > 82,50.
Pada uji Independent Sample T-Test menunjukkan Sig. (2-tailed) < 0.05 yaitu
0,001 < 0,05 artinya Ha diterima dan ditolak artinya ada Pengaruh Model
Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi
Ragam Hias di Kelas V SDN 06 Rantau Utara.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Hasil belajar; ragam hias; Siswa sekolah dasar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education N Fine Arts > NK Decorative arts |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 18 Jul 2025 06:17 |
| Last Modified: | 18 Jul 2025 06:17 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63964 |
