Harahap, Wanda (2024) Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV Membaca Pemahaman Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 315 Simpang Talap T. A. 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203311062_Cover.pdf
Download (164kB)
1203311062_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (378kB)
1203311062_Kata_Pengantar.pdf
Download (227kB)
1203311062_Abstrak.pdf
Download (139kB)
1203311062_Daftar_Isi.pdf
Download (138kB)
1203311062_Daftar_Tabel.pdf
Download (110kB)
1203311062_Daftar_Gambar.pdf
Download (110kB)
1203311062_Daftar_Lampiran.pdf
Download (110kB)
1203311062_BAB_I.pdf
Download (350kB)
1203311062_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (439kB)
1203311062_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (854kB)
1203311062_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203311062_BAB_V.pdf
Download (165kB)
1203311062_Daftar_Pustaka.pdf
Download (211kB)
1203311062_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa kelas IV membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Negeri 315 Simpang Talap. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 25 orang. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 315 Simpang Talap, terbagi dua faktor yang pertama yang berasal dari diri sendiri (faktor internal) yang meliputi sikap belajar, minat, motivasi belajar dan kesehatan. Sedangkan faktor yang kedua adalah faktor dari luar diri (eksternal) yang meliputi sekolah, keluarga dan masyarakat. Berdasarkan dari faktor-faktor tersebut adapun
persentase yang mempengaruhi kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IV yaitu dari faktor internal meliputi kesiapan dan kebiasaan belajar siswa sebesar 56%, aspek motivasi untuk mengikuti pembelajaran sebesar 84%. Dari
segi aspek minat untuk mengikuti pembelajaran 48%. Kesehatan siswa saat proses pembelajaran tergolong baik dengan persentase sebesar 76%. Sedangkang dari faktor eksternal adapun persentase yang mempengaruhi kemampuan membaca
pemahaman yaitu dari keluarga sebesar 56%, sekolah sebesar 56% dan masyarakat sebesar 52%. Artinya, keluarga, sekolah termasuk guru serta masyarakat yang berada di lingkungan sekitar siswa memberikan pengaruh terhadap proses dan hasil belajarnya.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Kesulitan belajar; Membaca pemahaman mata pelajaran; Bahasa indonesia |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 18 Jul 2025 05:40 |
| Last Modified: | 18 Jul 2025 05:40 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63962 |
