Kandi, Tri Dina (2025) Pengaruh Model Pembelajaran RICOSRE Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SDN 06 Rantau Utara. Undergraduate thesis, UNIMED.
1213111144_Cover.pdf
Download (164kB)
1213111144_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (327kB)
1213111144_Kata_Pengantar.pdf
Download (268kB)
1213111144_Abstrak.pdf
Download (247kB)
1213111144_Daftar_Isi.pdf
Download (163kB)
1213111144_Daftar_Tabel.pdf
Download (111kB)
1213111144_Daftar_Gambar.pdf
Download (110kB)
1213111144_Daftar_Lampiran.pdf
Download (111kB)
1213111144_BAB_I.pdf
Download (490kB)
1213111144_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (784kB)
1213111144_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (885kB)
1213111144_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1213111144_BAB_V.pdf
Download (139kB)
1213111144_Daftar_Pustaka.pdf
Download (274kB)
1213111144_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RICOSRE terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 06 Rantau Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Bentuk eksperimrn dalam penelitian ini adalah Two Group Pre-test, Post-test. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 06 Rantau Utara, yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VA sebagai kelompok eksperimen dengan model pembelajaran RICOSRE dan kelas VB dengan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah uji statistic uji-t
(t-test) dengan menggunakan SPPS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran RICOSRE terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 06 Rantau Utara. Secara statistic hasil posttest
siswa pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata 83, 69 dan pada kelas kontrol memperoleh rata-rata 69,86. Dengan demikian perbandingan rata-rata hasil belajar siswa yang berbeda adalah 83, 69 > 69,86. Pada uji Independent
Sample T-Test menunjukkan Sig. (2-tailed) < 0.05 yaitu 0,00 < 0,05 artinya Ha diterima dan ditolak artinya ada Pengaruh Model Pembelajaran RICOSRE Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SDN 06 Rantau Utara
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Hasil belajar; Model pembelajaran; Siswa sekolah dasar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 18 Jul 2025 05:09 |
| Last Modified: | 18 Jul 2025 05:09 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63956 |
