Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 107400 Bandar Khalifah T.A 2023/2024

Telembanua, Suhail Anshari (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 107400 Bandar Khalifah T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311087_Cover.pdf] Text
1203311087_Cover.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 1203311087_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311087_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of 1203311087_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311087_Kata_Pengantar.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of 1203311087_Abstrak.pdf] Text
1203311087_Abstrak.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of 1203311087_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311087_Daftar_Isi.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of 1203311087_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311087_Daftar_Tabel.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of 1203311087_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311087_Daftar_Gambar.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 1203311087_BAB_I.pdf] Text
1203311087_BAB_I.pdf

Download (421kB)
[thumbnail of 1203311087_BAB_II.pdf] Text
1203311087_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)
[thumbnail of 1203311087_BAB_III.pdf] Text
1203311087_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)
[thumbnail of 1203311087_BAB_IV.pdf] Text
1203311087_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1203311087_BAB_V.pdf] Text
1203311087_BAB_V.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of 1203311087_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311087_Daftar_Pustaka.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of 1203311087_Lampiran.pdf] Text
1203311087_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model
Pembelajaran Inquiri terhadap hasil belajar IPAS materi Manfaat Keberagaman
dan Melestarikan Keberagaman Budaya di SD Negeri 107400 Bandar Khalifah
Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan peneltian kuantitatif dengan
jenis penelitian Quasi Eksperimental. Bentuk eksperimen dalam penelitian ini
adalah nonequivalent control grup design. Teknik pengumpulan data yang penulis
gunakan berupa wawancara, dokumentasi dan tes. Sampel dalam penelitian ini
adalah siswa kelas IV di SD Negeri 107400 Bandar Khalifah, yang terdiri dari 2
kelas yaitu kelas IVA yang berjumlah 19 siswa sebagai kelompok eksperimen
dengan model pembelajaran inquiri dan Kelas IVB yang berjumlah 17 siswa
sebagai kelompok kontrol dengan metode ceramah. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini berupa tes objektif tipe pilihan ganda (multi choice) dengan
empat pilihan (option). teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah uji statistik uji-t (t-test) dengan menggunakan SPSS 29. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan metode
pembelajaran inkuiri lebih tinggi dibandingkan kemampuan berpikir kritis siswa
menggunakan metode ceramah. Pada uji Independent Sample T-Test
menunjukkan Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,03 < 0,05 artinya Ha diterima dan H0
ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan pada model pembelajaran inquiri terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPAS materi Manfaat keberagaman dan Melestarikan Keberagaman
Budaya kelas IV SD Negeri 107400 Bandar Khalifah T.A 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model pembelajaran; Berfikir kritis; Mata pelajaran IPAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
L Education > LC Special aspects of education > LC1099 Multicultural education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 18 Jul 2025 04:51
Last Modified: 18 Jul 2025 04:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63940

Actions (login required)

View Item
View Item