PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI DI SMA SWASTA NUSANTARALUBUK PAKAM T.P.2023/2024

Siahaan, Rizky Marganda (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI DI SMA SWASTA NUSANTARALUBUK PAKAM T.P.2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7203143006_Cover.pdf] Text
7203143006_Cover.pdf

Download (343kB)
[thumbnail of 7203143006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7203143006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203143006_Abstrak.pdf] Text
7203143006_Abstrak.pdf

Download (692kB)
[thumbnail of 7203143006_Kata_Pengantar.pdf] Text
7203143006_Kata_Pengantar.pdf

Download (944kB)
[thumbnail of 7203143006_Daftar_Isi.pdf] Text
7203143006_Daftar_Isi.pdf

Download (869kB)
[thumbnail of 7203143006_Daftar_Tabel.pdf] Text
7203143006_Daftar_Tabel.pdf

Download (596kB)
[thumbnail of 7203143006_Daftar_Gambar.pdf] Text
7203143006_Daftar_Gambar.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of 7203143006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7203143006_Daftar_Lampiran.pdf

Download (320kB)
[thumbnail of 7203143006_BAB_I.pdf] Text
7203143006_BAB_I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 7203143006_BAB_II.pdf] Text
7203143006_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 7203143006_BAB_III.pdf] Text
7203143006_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 7203143006_BAB_IV.pdf] Text
7203143006_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of 7203143006_BAB_V.pdf] Text
7203143006_BAB_V.pdf

Download (864kB)
[thumbnail of 7203143006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7203143006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203143006_Lampiran.pdf] Text
7203143006_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Pencapaian Hasil belajar ekonomi siswa kelas XI di SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam masih kurang optimal, walau guru telah menerapkan model pembelajaran problem based learning hal tersebut dipengaruhi karakteristik para siswa yang lebih cenderung berperan sebagai pendengar saja dan enggan untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran, serta dipengaruhi oleh rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam T.P. 2023/2024. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah berjumlah 70 sampel Diketahui nilai koefisien sebesar 0,314 dengan tarap signifikan sebesar 0,314 > 0,000 dan nilai thitung 4,935 > ttabel 1,668 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis pertama diterima, artinya ada pengaruh positif dan signifikan antara variabel pelaksanaan kegiatan Model Pembelajaran Problem Based Learning (X1) terhadap Hasil Belajar Ekonomi siswa. Nilai koefisien sebesar 0, 375 dengan tarap signifikan sebesar 0,375 > 0,000 dan nilai thitung 5,983 > ttabel 1,668 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Ekonomi siswa. Terdapat pengaruh positif dan signifikansi antar variabel Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Kemampuan Berpikir Kritis secara simultan Terhadap Hasil Belajar adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai fhitung sebesar 44,075 > ftabel 3,134. Hasil Belajar dipengaruhi oleh Model Pembelajaran Problem Based Learning (X1) dan Kemampuan Berpikir Kritis (X2) sebesar 56,8%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 18 Jul 2025 03:38
Last Modified: 18 Jul 2025 03:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63917

Actions (login required)

View Item
View Item