Siahaan, Rizky Marganda (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI DI SMA SWASTA NUSANTARALUBUK PAKAM T.P.2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
7203143006_Cover.pdf
Download (343kB)
7203143006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
7203143006_Abstrak.pdf
Download (692kB)
7203143006_Kata_Pengantar.pdf
Download (944kB)
7203143006_Daftar_Isi.pdf
Download (869kB)
7203143006_Daftar_Tabel.pdf
Download (596kB)
7203143006_Daftar_Gambar.pdf
Download (380kB)
7203143006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (320kB)
7203143006_BAB_I.pdf
Download (3MB)
7203143006_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
7203143006_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
7203143006_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
7203143006_BAB_V.pdf
Download (864kB)
7203143006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
7203143006_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (17MB)
Abstract
Pencapaian Hasil belajar ekonomi siswa kelas XI di SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam masih kurang optimal, walau guru telah menerapkan model pembelajaran problem based learning hal tersebut dipengaruhi karakteristik para siswa yang lebih cenderung berperan sebagai pendengar saja dan enggan untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran, serta dipengaruhi oleh rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam T.P. 2023/2024. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah berjumlah 70 sampel Diketahui nilai koefisien sebesar 0,314 dengan tarap signifikan sebesar 0,314 > 0,000 dan nilai thitung 4,935 > ttabel 1,668 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis pertama diterima, artinya ada pengaruh positif dan signifikan antara variabel pelaksanaan kegiatan Model Pembelajaran Problem Based Learning (X1) terhadap Hasil Belajar Ekonomi siswa. Nilai koefisien sebesar 0, 375 dengan tarap signifikan sebesar 0,375 > 0,000 dan nilai thitung 5,983 > ttabel 1,668 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Ekonomi siswa. Terdapat pengaruh positif dan signifikansi antar variabel Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Kemampuan Berpikir Kritis secara simultan Terhadap Hasil Belajar adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai fhitung sebesar 44,075 > ftabel 3,134. Hasil Belajar dipengaruhi oleh Model Pembelajaran Problem Based Learning (X1) dan Kemampuan Berpikir Kritis (X2) sebesar 56,8%.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar |
| Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 18 Jul 2025 03:38 |
| Last Modified: | 18 Jul 2025 03:38 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63917 |
