Nurfadilah, Siti (2025) Pengaruh Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Negeri 068083, Tanjung Rejo Kec. Medan Sunggal T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203311101_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311101_Cover.pdf
Download (44kB)
![[thumbnail of 1203311101_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311101_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (242kB)
![[thumbnail of 1203311101_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311101_Kata_Pengantar.pdf
Download (191kB)
![[thumbnail of 1203311101_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311101_Abstrak.pdf
Download (63kB)
![[thumbnail of 1203311101_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311101_Daftar_Isi.pdf
Download (60kB)
![[thumbnail of 1203311101_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311101_Daftar_Tabel.pdf
Download (33kB)
![[thumbnail of 1203311101_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311101_Daftar_Gambar.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of 1203311101_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311101_Daftar_Lampiran.pdf
Download (33kB)
![[thumbnail of 1203311101_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311101_BAB_I.pdf
Download (440kB)
![[thumbnail of 1203311101_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311101_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 1203311101_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311101_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (594kB)
![[thumbnail of 1203311101_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311101_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (666kB)
![[thumbnail of 1203311101_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311101_BAB_V.pdf
Download (34kB)
![[thumbnail of 1203311101_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311101_Daftar_Pustaka.pdf
Download (217kB)
![[thumbnail of 1203311101_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311101_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) terhadap Penalaran Moral Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dengan materi pola hidup bergotong royong di SD
Negri 068083 Tanjung Rejo, Kec. Medan Sunggal T.A 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimen dan desain penelitian Two Group pretestpostest Design. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yang digunakan yaitu, variabel terikat (dependen) dan variabel bebas (independent). Variabel Terikat (Y) yaitu hasil belajar siswa SD Negeri 068083 Tanjung Rejo. Variabel Bebas (X) yaitu model pembelajaran VCT (Value Clarification
Technique). Kelas IV A SD Negeri 068083 Tanjung Rejo merupakan kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dan kelas IV B SD Negeri 068083 Tanjung Rejo merupakan kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa. Teknik analisis data menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Hipotesis. Hasil pretest dari 15 siswa menujukkan 2 siswa dengan persentase 13% mendapat nilai melebihi 70 dan sisanya 13 siswa dengan persentase 87% memperoleh nilai di bawah 70. Pada hasil posttest dari 15 siswa terdapat 10 siswa dengan persentase
67% memperoleh nilai melebihi 70 serta sisanya 5 siswa dengan persentase 33% memperoleh nilai di bawah 70. Sedangkan hasil uji hipotesis menggunakan paired
samples test, angka Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, sehingga sesuai dasar untuk mengambil keputusan uji paired samples test dinyatakan H0 ditolak serta Ha diterima. Dari hasil tersebut memperoleh kesimpulan adanya pengaruh yang
signifikan pada Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) terhadap Penalaran Moral Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasiladengan materi pola hidup bergotong royong di SD Negri 068083
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil belajar; Model pembelajaran; Siswa sekolah dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 03:32 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 03:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63910 |