Afrianti, Ayu Aldina (2024) PENGEMBANGAN MATERI AJAR TEKS BERITA BERBANTUAN APLIKASI CAPCUT KELAS VII SMP SWASTA AL MUSABBIHIN. Undergraduate thesis, UNIMED.
2203111061_Cover.pdf
Download (198kB)
2203111061_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
2203111061_Abstrak.pdf
Download (119kB)
2203111061_Kata_Pengantar.pdf
Download (149kB)
2203111061_Daftar_Isi.pdf
Download (116kB)
2203111061_Daftar_Tabel.pdf
Download (71kB)
2203111061_Daftar_Gambar.pdf
Download (69kB)
2203111061_Daftar_Lampiran.pdf
Download (65kB)
2203111061_BAB_I.pdf
Download (380kB)
2203111061_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (658kB)
2203111061_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (688kB)
2203111061_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
2203111061_BAB_V.pdf
Download (153kB)
2203111061_Daftar_Pustaka.pdf
Download (150kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mendeskripsikan proses pengembangan materi ajar teks berita berbasis aplikasi Capcut, (2) mendeskripsikan bentuk pengembangan materi ajar teks berita berbasis aplikasi Capcut, dan (3) mendeskripsikan kelayakan materi ajar teks berita berbasis aplikasi Capcut. Pengembangan materi ajar teks berita berbasis aplikasi Capcut menggunakan ADDIE, dengan 5 tahapan yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Produk materi ajar teks berita berbantuan aplikasi
Capcut di validasi menyertakan dosen ahli materi dan dosen ahli. Sampel penelitian ini adalah 27 siswa kelas VII B SMP Swasta Al-Musabbihin menggunakan teknik Purpossive Sample. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan kuesioner. Instrumen penelitian berupa lembar angket validasi
ahli materi dan ahli media menggunakan perhitungan skala Likert. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian menunjukkan produk dari
materi ajar teks berita berbasis aplikasi Capcut mendapatkan hasil penelitian dengan kriteria "Sangat Baik" dengan rata-rata 90,5%, dengan hasil dari ahli materi sebesar 90% dengan kriteria "Sangat Baik" serta hasil dari ahli desain
sebesar 91% dengan kriteria "Sangat Baik" sehingga materi ajar layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil ujicoba produk mendapatkan penilaian dari guru sebesar 95% dengan kriteria "Sangat Baik" dan penilaian siswa sebesar 92% dengan kriteria "Sangat Baik".
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Materi Ajar; Teks Berita; Aplikasi Capcut |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 18 Jul 2025 03:02 |
| Last Modified: | 18 Jul 2025 03:02 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63898 |
