Maymunah, - (2024) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN PEMASARAN SMK NEGERI 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 7203143016_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203143016_Cover.pdf
Download (614kB)
![[thumbnail of 7203143016_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203143016_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 7203143016_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203143016_Abstrak.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203143016_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203143016_Kata_Pengantar.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 7203143016_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203143016_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203143016_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203143016_Daftar_Tabel.pdf
Download (608kB)
![[thumbnail of 7203143016_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203143016_Daftar_Gambar.pdf
Download (601kB)
![[thumbnail of 7203143016_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203143016_Daftar_Lampiran.pdf
Download (670kB)
![[thumbnail of 7203143016_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203143016_BAB_I.pdf
Download (8MB)
![[thumbnail of 7203143016_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203143016_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
![[thumbnail of 7203143016_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203143016_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
![[thumbnail of 7203143016_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203143016_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (20MB)
![[thumbnail of 7203143016_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203143016_BAB_V.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203143016_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203143016_Daftar_Pustaka.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 7203143016_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203143016_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (26MB)
Abstract
Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Medan.
Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 68 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel total sampling sehingga sampel yang digunakan adalah keseluruhan dari total populasi yaitu sebanyak 68 siswa. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan kuesioner/angket. Validitas instrumen dihitung dengan korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan Cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis, dan koefisien determinasi.
Teknik analisis dilakukan dengan menggunakan program spss versi 25. Dan diperoleh persamaan garis linear Y = 106,495 + 0,582X + e. Dari hasil analisis data pada uji t diperoleh bahwa masing-masing variabel X berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y (kreativitas belajar). Variabel (X1) menunjukkan thitung > ttabel yaitu 3,851 > 1,668 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, kemudian variabel (X2) menunjukan thitung > ttabel yaitu 3,982 > 1,668 dengan nilai siginifikansi 0,000 < 0,05. Sedangkan uji F, diperoleh bahwa variabel X1 dan X2 secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel Y dimana nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Besarnya sumbangan kontribusi antara variabel bebas terhadap variabel terikat yang diperoleh dari perhitungan koefisien determinasi yaitu sebesar 0,601 yang artinya 60,1% kreativitas belajar siswa dipengaruhi oleh kemandirian belajar dan lingkungan sekolah.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemandirian belajar dan lingkungan sekolah terhadap kreativitas belajjar siswa kelas XI jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemandirian Belajar, Lingkungan Sekolah, Kreativitas Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 08:31 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 08:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63872 |