Silitonga, Jumah Elisa Stefany (2024) PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 DELI TUA TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 7203143007_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203143007_Cover.pdf
Download (510kB)
![[thumbnail of 7203143007_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203143007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203143007_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203143007_Abstrak.pdf
Download (748kB)
![[thumbnail of 7203143007_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203143007_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203143007_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203143007_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203143007_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203143007_Daftar_Tabel.pdf
Download (865kB)
![[thumbnail of 7203143007_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203143007_Daftar_Gambar.pdf
Download (471kB)
![[thumbnail of 7203143007_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203143007_Daftar_Lampiran.pdf
Download (475kB)
![[thumbnail of 7203143007_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203143007_BAB_I.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 7203143007_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203143007_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 7203143007_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203143007_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 7203143007_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203143007_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
![[thumbnail of 7203143007_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203143007_BAB_V.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203143007_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203143007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 7203143007_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203143007_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya Hasil Belajar yang diperoleh siswa yang disebabkan oleh kurangnya tingkat Kepercayaan Diri dan Aktivitas Belajar yang dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepercayaan Diri dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Deli Tua. Jenis penelitian ini yakni penelitian Ex-post Facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Deli Tua yang berjumlah 169 siswa, jumlah sampel diperoleh menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear berganda, uji hipotesis secara parsial (uji t), uji hipotesis secara simultan (uji F) dan uji koefisien determinasi (R2). Data yang telah diperoleh diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan, persamaan regresi linear berganda Y =45,718 + 0,185X1 + 0,447X2. Analisis data uji t menyatakan bahwa Kepercayaan Diri berpengaruh positif signifikan terhadap Hasil Belajar siswa dilihat dari nilai thitung = 2,467 lebih besar dari ttabel = 2,002 (2,467 > 2,002) dengan nilai signifikan < 0,05 yakni sebesar (0,017 < 0,05) dan Aktivitas Belajar berpengaruh positif signifikan terhadap Hasil Belajar siswa dilihat nilai thitung = 6,814 lebih besar dari ttabel = 2,002 (6,814 > 2,002) dan nilai signifikan < 0,05 yakni sebesar (0,000 < 0,05). Analisis data uji F menyatakan Kepercayaan Diri dan Aktivitas Belajar secara simultan terdapat pengaruh yang positif signifikan terhadap Hasil Belajar dilihat dari nilai Fhitung = 64,435 lebih besar dari Ftabel = 3,16 (64,435 > 3,16) dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian untuk koefisien determinasi memperoleh nilai R Square sebesar 0,693 atau mempunyai persentase kontribusi sebesar 69,3% terhadap Hasil Belajar. Secara keseluruhan dapat disimpulkan, bahwa antara Kepercayaan Diri dan Aktivitas Belajar mempunyai pengaruh positif signifikan serta berkontribusi baik secara individu maupun bersama-sama terhadap Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kepercayaan Diri, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 08:09 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 08:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63868 |